Gunakan Ban Vulkanisir, Truk Pengangkut Ikan Hilang Kendali-Terjun ke Sawah

Dian Firmansyah - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 19:34 WIB
Mobil terjun ke sawah di Subang.
Foto: Truk terjun ke sawah di Subang (Dian Firmansyah/detikcom).
Subang -

Sebuah truk pengangkut ikan terjun ke areal pesawahan milik warga di jalur Pantura Kecamatan Pusakanagara, Subang, Jawa Barat sekitar pukul 17.00 WIB. Beruntung dalam kecelakaan ini korban hanya alami syok, namun muatan ikan tumpah ruah ke pesawahan.

"Kejadiannya saat itu menurut pengakuan sopir dan saksi jadi ban itu agak oleng karena itu bukan ban asli, jadi ban lisiran gitu, pada saat kejadian hujan rintik-rintik jalan licin jadi hilang keseimbangan oleng ke kiri langsung masuk ke sawah," ujar Anggota Laka Lantas Polsek Pusakanagara Brigadir Supendi Agus Salim di lokasi kejadian, Kamis (22/10/2020).

Truk bernomor polisi E-8845-QB ini melaju dari arah Cirebon menuju Jakarta dengan tujuan mengirim ikan ke wilayah Jakarta dari Indramayu. Namun di tengah perjalanan diduga ban depan truk alami selip karena jalan licin pasca diguyur hujan yang diperparah dengan kondisi ban di vulkanisir.

Lutfi Parenda pengemudi sopir truk tidak dapat mengendalikan laju kendaraan, kemudian menabrak pohon di pinggir jalan dan berakhir terguling ke aral sawah yang berada di pinggir jalan.

"Tidak ada korban luka, hanya materi saja, saat ini proses evakuasi ikan kemudian dilakukan evakuasi truk," kata Supendi.

Hal senada dikatakan Judi warga yang mengetahui kecelakaan tersebut. "Itu posisi mobil bannya selip terus nabrak pohon masuk ke kiri lalu masuk sawah, dibawa ikan semuanya tumpah," ungkapnya.

Nur pemilik ikan yang juga ikut dalam kecelakaan itu, melakukan evakuasi ikan yang masih bisa dimanfaatkan dibantu warga sekitar. Ikan-ikan dalam wadah dipindahkan ke mobil lain untuk meminimalisir kerugian, sedangkan bangkai truk akan dievakuasi petugas menggunakan kendaraan derek dan diamankan di Mapolsek Pusakanagara.

(mso/mso)