Rekayasa Lalin di Bandung Saat Long Weekend Bersifat Situasional

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 14:11 WIB
Ada rekayasa jalur di proyek pembangunan flyover Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jawa Barat. Akibatnya terjadi kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan alteri di Jalan Jakarta, Jumat (3/7/2020) pagi.
Ilustrasi lalu lintas di Bandung (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Polisi mengantisipasi kepadatan kendaraan di Kota Bandung saat libur panjang akhir Oktober. Rekayasa lalu lintas akan bersifat situasional bila terjadi kepadatan.

"(Rekayasa lalu lintas) Situasional, kita tetap komunikasi," ucap Kasat Lantas Polrestabes Bandung Kompol M Rano Hadiyanto di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (22/10/2020).

Kota Bandung sendiri berbatasan dengan Kota Cimahi. Sehingga, kata Rani, dalam pelaksanaan pengamanan arus lalu lintas nanti, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Cimahi.

"Pada saat ada kepadatan misalnya ke arah Lembang, kami akan komunikasi dengan Polres Cimahi. Apabila polres Cimahi akan melaksanakan CB (cara bertindak) one way kita akan mendukung di daerah perbatasan di Ledeng. Kalau one way tidak dilakukan sedangkan sudah terjadi kepadatan, stuck mengarahkan ke Setiabudi yang dari arah bawah kita belokan ke kiri ke Sersan Bajuri," tuturnya.

Rano menuturkan Kota Bandung sendiri diprediksi akan didatangi wisatawan saat libur panjang akhir Oktober nanti. Sebab, Kota Bandung merupakan salah satu destinasi wisata termasuk area perlintasan menuju lokasi wisata.

"Kota Bandung sebagai kota wisata tentunya akan dikunjungi wisatawan dari luar daerah . Oleh karena itu Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung menyiapkan personel yang akan digelar nantinya di titik-titik tentunya yang akan menuju tempat wisata. Misalnya di sepanjang jalur Setiabudi, Sukajadi menuju Lembang, kemudian ke arah Dago kemudian di tempat pertokoan yang ada di sepanjang jalan LLRE Martadinata atau Riau," ujarnya.

Pihaknya akan melibatkan unit lalu lintas di tiap polsek. Adapun jumlah personel yang dikerahkan mencapai 200 personel.

"Total jumlah personel yang disiapkan untuk long weekend sebanyak 200 personel," katanya.

(dir/mud)