Cawabup Atep Main Motorcross di 'Bromo KW', Ini Respons BBKSDA Jabar

Hakim Ghani, Wisma Putra - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 10:51 WIB
Gunung Guntur Garut
Foto: Gunung Guntur Garut (Hakim Ghani/detikcom).
Bandung -

BBKSDA Jabar menyayangkan aksi Calon Wakil Bupati (Cawabup) Bandung Atep yang main motocross di lokasi cagar alam (CA) atau tepatnya di Gunung Guntur bersama artis Rizky Rdiho dan crosser lainnya.

Humas BBKSDA Jabar Halu Oleo mengatakan, aksi yang dilakukan para crosser di kawasan cagar alam tersebut tidak ada izin. "Kalau ada crosser masuk ke kawasan ya tidak ada izin," katanya via sambungan telepon, Kamis (22/10/2020).

Pihaknya belum mendapatkan informasi soal itu dan akan mengkonfirmasi kepada kewilayahan. "Nanti saya tanya dulu ke wilayah ya, di Garut itu," ujarnya.

Dia juga memastikan setiap orang yang akan masuk ke kawasan cagar alam harus mengantongi izin. Pihaknya juga bahkan kerap melakukan penertiban kepada para crosser.

"Kita sering lakukan penertiban crosser-crosser, kalau ada oknum (petugas) yang di sana itu masukan juga supaya akan ada penertiban. Karena kita sudah tertibkan terus, tapi saya akan tanya lagi petugas di Garut," ungkapnya.

Begitupun terkait pungutan untuk masuk ke kawasan cagar alam. Halu sebut, crosser dilarang masuk ke kawasan cagar alam.

"Enggak ada (pungutan), kemungkinan besar begitu (tidak ada izin), karena crosser di kawasan enggak ada kegiatan itu," tambahnya.

Pihaknya akan menindaklanjuti laporan ini dan akan mencari tahu apakah Atep dan rombongannya main motorcross di kawasan CA atau taman wisata alam (TWA).

"Nanti harus dicek lagi, apa Atep itu masuk di TWA yang masuk Rp 5 ribu, itu yang dimaksud atau yang lain. Yang jelas crosser tidak ada (izin ke kawasan CA)," jelasnya.

Ia menyebut, di Gunung Guntur Garut sendiri ada beberapa TWA dan juga di Kamojang Kabupaten Bandung. "Yang mana dia tuh (lokasi main motorcross) kalau di CA ya enggak boleh," sebutnya.

"Enggak boleh ke CA, kalau pun masuk untuk pendidikan atau penelitian itu boleh tapi dengan Simaksi (Surat Izin Mendaki), kalau untuk crosser ya enggak ada, enggak bisa," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2