Pandemi Corona, Gelaran Hari Santri di Ciamis Tanpa Pawai Taaruf

Dadang Hermansyah - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 12:22 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Ciamis -

Setiap 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Tahun ini di tengah pandemi Corona atau COVID-19, gelaran Hari Santri Nasional di Ciamis dipastikan tanpa pawai taaruf.

"Untuk kegiatan saat pandemi kan dibatasi, berpedoman terhadap protokol kesehatan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan," ujar Pj Sekda Ciamis Toto Marwoto saat dihubungi detikcom, Rabu (21/10/2020).

Toto mengimbau kepada masyarakat dalam masa pandemi ini untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Ia mewanti-wanti agar peringatan Hari Santri di Ciamis tidak menimbulkan kerumunan.

Angka kasus COVID-19 di Ciamis saat ini terus mengalami peningkatan. Bahkan kini di beberapa daerah sudah terjadi transmisi lokal dari klaster keluarga.

Pemkab Ciamis juga akan menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional di halaman Pendopo pada Kamis (22/10/2020). Namun dilaksanakan secara terbatas dengan peserta 30 orang dan tamu maksimal 30 orang.

"Upacara peringatan hari santri di halaman Pendopo Bupati secara terbatas," ucap Toto.

Selain upacara, dilaksanakan juga zikir dan doa bersama untuk mendoakan para santri agar diberikan kesehatan serta kekuatan dalam masa pandemi COVID-19. "Semoga para santri di Ciamis tetap sehat dan terhindar dari COVID-19," kata Toto.

(bbn/bbn)