Demo Mahasiswa Bubar, Ruas Jalan Sekitar Istana Bogor Masih Ditutup

M Solihin - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 17:36 WIB
Jalan di sekitar Istana Bogor masih ditutup pasca demo mahasiswa
Jalan di sekitar Istana Bogor masih ditutup pasca demo mahasiswa (Foto: M Solihin)
Bogor -

Puluhan mahasiswa yang melakukan aksi memperingati satu tahun kepemimpinan Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin di sekitar Istana Bogor sudah membubarkan diri. Mahasiswa yang sempat melakukan aksi bakar ban dan merusak kawat berduri itu bubar dengan tertib.

Pantauan detikcom di Jalan Jendral Sudirman, ada dua kelompok mahasiswa yang melakukan aksi di Jalan Sudirman. Keduanya melakukan akai memperingati satu tahu kepemimpinan presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin. Aksi sekelompok mahasiswa dari universitas lain juga dilakukan di Jalan Juanda, Kota Bogor.

Setelah sempat melakukan orasi dan bakar ban di depan kawat berduri yang dipasang petugas sebagai pembatas, dua kelompok mahasiswa yang tergabung dalam elemen Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan mahasiswa pancasila membubarkan diri dengan tertib sekitar pukul 14.30 wib, atau sekitar 1 jam sebelum Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga tiba di Istana Bogor.

Meskipun aksi mahasiswa sudah membubarkan diri, hingga pengamatan pukul 17.00 WIB, petugas belum membuka akses lalu lintas yang melingkari Istana Bogor, seperti sebagian Jalan Jendral Sudirman, Jalan Jalak Harupat, Jalan Otista dan Jalan Juanda. Penutupan jalan dilakukan petugas dengan memasang kawat berduri.

Petugas kepolisian juga menutup jalan sekitar Istana Bogor berkaitan dengan kedatangan PM Jepang Yoshihide Suga ke Istana Bogor. Petugas melakukan rekayasa dan mengalihkan lalulintas ke beberapa ruas jalan lain.

Kendaraan yang datang dari Jalan A. Yani menuju Jalan Jalak Harupat terpaksa dialihkan sementara ke Jalan Pengadilan dan masuk ek Pasar Anyar.

Kemudian, penutupan juga dilakukan di Jalan Raya Pajajaran tepatnya seputaran Tugu Kujang menuju Jalan Otista. Kendaraan dari arah Warung Jambu menuju BTM dialihkan ke arah Baranangsiang.

Selain itu, kendaraan dari arah Ciawi melalui Jalan Otista yang hendak ke Jalan Djuanda dialihkan ke Jalan Raya Empang. Terakhir, kendaraan dari arah Jalan Kapten Muslihat dialihkan ke Jalan Paledang dan selanjutnya contraflow ke arah Mall BTM menuju Empang.

(mud/mud)