Pembangunan Rumah Deret Tamansari Bandung Sudah Tahap Pertama

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 13:56 WIB
Lahan rumah deret di Tamansari, Kota Bandung, dipagari.
Lokasi rumah deret Tamansari Bandung (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Progres pembangunan rumah deret (Rudet) Tamansari, Kota Bandung sudah memasuki tahap pembangunan pertama. Pembangunan tahap pertama ini, meliputi pondasi dan struktur.

"Tahap satu pondasi, kita dahulukan masjid, sampai saat ini pondasi dulu sesuai anggaran yang ada. Sekarang ini ada di Rp 10 miliar, sebelumnya Rp 13 miliar, jadi Rp 23 miliar (keseluruhan)," kata Kabid Perumahan DPKP3 Kota Bandung Nunun Yuniati di Balai Kota Bandung, Selasa (20/10/2020).

Pada tahap pertama ini, akan ada 190 unit rudet yang dibangun dalam satu tower. "Tahap satu rencananya ada 190 unit, pondasi dan struktur," ujarnya.

Pembangunan pondasi dan struktur ini, direncanakan selesai Februari 2021 mendatang. "Pondasi ditargetkan Februari, sekarang pembangunan pondasi sudah dilakukan," tuturnya.

Nunun menambahkan, jika seluruh anggaran keluar rudet ini bisa selesai di tahun 2021. "Keseluruhan kalau dana ada 2021 selesai," tambahnya.

Selain itu, pihaknya masih menemukan kendala, yakni anggaran dan kendala teknis lainnya.

"Kendala sampai saat ini, ada beberapa hal tidak sesuai rencana, seperti pondasi ada perubahan disain mengikuti kontur tanah, kemudian juga biaya karena CIVID-19 dan kendala sosial ada warga yang masih bertahan dengan mendirikan bangunan liar," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam pembangunan rudet ini 198 KK sudah sepakat dan 13 KK masih bertahan di masjid yang ada di kawasan Tamansari. "Alasan bertahan memang mereka masih tidak sesuai dengan kerohimannya," pungkasnya.

Lihat juga video 'Belajar Kreatif dari Seniman Bandung, Ubah Karedok Jadi Karya Seni':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mud)