Pengurus Pasar Dadakan di Ciamis Perketat Prokes Agar Bisa Buka Tiap Minggu

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 10:29 WIB
Pasar dadakan mingguan di Ciamis perketat protokol kesehatan
Pasar dadakan mingguan di Ciamis perketat protokol kesehatan (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Pasar Dadakan mingguan di komplek sirkuit BMX Ciamis kerap buka tutup ketika terjadi peningkatan kasus COVID-19. Agar bisa buka setiap Minggu, pengurus Himpunan Pedagang Kreatif Ciamis (HPKC) kini gencar memperketat protokol kesehatan.

Seperti pantauan detikcom Minggu (18/10/2020), pada pintu masuk nampak berjejer sejumlah tempat cuci tangan untuk pengunjung sebelum masuk area stan. Kemudian saat masuk akan dicek suhu oleh petugas pengurus HPKC. Bagi pengunjung yang tidak memakai masker tidak diperkenankan masuk.

Namun berbeda dari Minggu biasanya, kali ini pengunjung cenderung lebih sedikit dan pedagang tidak begitu banyak. Karena sebelumnya pasar dadakan ini kerap tutup setiap ada peningkatan kasus COVID-19 Ciamis.

Hal ini dilakukan agar para pedagang bisa berjualan seperti sebelum adanya COVID-19. Namun setelah adanya COVID-19 harus adaptasi kebiasaan baru. Dengan begitu perekonomian masyarakat bisa kembali berjalan tapi tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari virus Corona.

"Setiap buka kita terus perketat protokol kesehatan, dari mulai cuci tangan, pakai masker dan cek suhu. Juga untuk jarak pedagang kita atur lagi supaya tidak berkerumun," ujar Wakil Ketua HPKC Asep Hidayat.

Asep mengatakan setiap 15 menit sekali, pihaknya selalu memberikan imbauan lewat pengeras suara agar pedagang tidak menimbulkan kerumunan dan tetap pakai masker.

"Pengurus juga selalu berkeliling memantau setiap stan pedagang, kalau-kalau ada yang tidak pakai masker atau banyak berkerumun langsung diingatkan," ucapnya.

Selain menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik, pengurus juga mewajibkan setiap pedagang menyediakan handsanitizer di tempat dagangannya. Agar setiap pengunjung yang mau dan sudah belanja cuci tangan dulu.

"Intinya kami sekuat tenaga menjaga agar tidak terjadi klaster baru. Semuanya aman dan terjaga kesehatannya sekaligus aktivitas perekonomian masyarakat juga tetap berjalan," katanya.

Tonton juga 'Wapres Mar'uf Amin: Menjaga Protokol Kesehatan Bagian dari Ibadah':

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)