3 Pohon Beringin Depan TMP Bogor Tumbang, Akses Lalin Tersendat

M Solihin - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 20:23 WIB
3 pohon beringin depan TMP Bogor tumbang, arus lalin tertutup
3 pohon beringin depan TMP Bogor tumbang, arus lalin tertutup (Foto: M Solihin)
Bogor -

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Bogor mengakibatkan bencana pohon tumbang. 3 pohon beringin berukuran besar di depan Taman Makam Pahlawan Dreded Bogor, Jalan Pahlawan, Bogor Selatan, Kota Bogor tumbang dan menimpa lapak-lapak pedagang buah nangka.

"Kejadian tadi sekitar jam 17.30 WIB waktu itu hujan gede ditambah angin kencang. Sekitar 15 menit hujan tiba-tiba itu pohon roboh. Ada tiga pohon yang roboh," kata pedagang buah nangka, Solahudin ketika ditemui di lokasi, Kamis (14/10/2020).

"Jadi robohnya beruntun, pertama yang pohon itu roboh, terus disusul lagi pohon yang satu lagi. Nggak lama langsung roboh lagi satu pohon. Pedagang semua bubar, lari semua," tambahnya.

Pantauan di lokasi pukul 18.30 WIB, 3 pohon berukuran besar nampak melintang di tengah jalan pahlawan, persisnya di depan pintu masuk Taman Makam Pahlawan, Kota Bogor.

Posisi ketiga pohon ini berdampingan dengan jarak sekitar 3 meter setiap pohonnya. Di belakang pohon-pohon besar yang tumbang, nampak kios-kios kecil pedagang buah nangka dan pisang yang sehari-hari berjualan di lokasi.

Ketiga pohon yang melintang di tengah jalan pahlawan mengakibatkan akses lalulintas tertutup. Arus kendaraan dari arah Batu Tulis menuju kawasan Empang dialihkan ke beberapa jalan tikus. Kemacetan parah pun tidak terhindarkan.

Hingga saat ini, petugas BPBD Kota Bogor masih melakukan upaya evakuasi batang pohon yang tumbang. Puluhan petugas berupaya memotong batang pohon menggunakan mesin pemotong.

(mud/mud)