30 Tahun Menanti, Warga Pelosok Tasikmalaya Akhirnya Punya Jalan Mulus

Deden Rahadian - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 13:57 WIB
30 tahun tak tersentuh pembangunan, warga pelosok Tasikmalaya akhirya punya jalan mulus
30 tahun tak tersentuh pembangunan, warga pelosok Tasikmalaya akhirya punya jalan mulus (Foto: Deden Rahadian)
Tasikmalaya -

Warga kampung di pelosok Tasikmalaya kini bisa bernapas lega. Jalan tanah berbatu yang selama ini mereka lewati disulap anggota TNI jadi mulus.

TNI menyulap jalan kampung sepanjang 2,5 kilometer menjadi mulus beralaskan aspal di kawasan Mekarsari, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Sebelum diaspal, jalan tersebut merupakan jalan tanah liat berbatu. Jalan itu selama puluhan tahun digunakan masyarakat sebagai akses utama mereka.

Setiap harinya, masyarakat setempat menggunakan jalan tersebut untuk mengangkut hasil perkebunan yang mereka garap.

"Kita lewat sini setiap hari. Ya karena tidak ada jalan lain yang lebih dekat untuk angkut-angkut hasil tani," kata Sobirin (55), salah seorang warga setempat saat diwawancarai wartawan di Mekarsari, Rabu (14/10/2020).

Sebenarnya, warga cukup kesulitan saat beraktivitas melalui jalur tersebut. Kondisi jalan bisa jadi lebih buruk saat musim hujan datang. Tanah liat yang gersang bisa berubah menjadi kubangan lumpur.

Namun, karena jalan tersebut merupakan satu-satunya akses terdekat, warga tidak punya pilihan lain. "Ini jalan kondisinya gini sudah sekitar 30 tahunan lah. Sejak awal memang kondisinya sudah seperti ini," Katanya.

Kini Sobirin dan ratusan warga Mekarsari bisa bernapas lega. jalan tanah merah berbatu yang sedari dulu menemani langkah mereka mencari nafkah kondisinya mulai bagus.

"Yah cukup geunah sekarang kalau dilewati. Apalagi untuk saya yang udah tidak muda," Tambah Sobirin.

Sejak bulan lalu, puluhan anggota TNI dari Kodim 0612/Tasikmalaya masuk ke desa ini. Jalan sepanjang 2,5 kilometer yang diubah menjadi jalan aspal.

Menurut Dandim Tasikmalaya Letkol Infanteri Ary Sutrisno mengatakan, saat ini proses pengerjaan jalan sudah berlangsung sekitar 70 persen. Jalan bagi warga ini diprediksi selesai dalam beberapa hari ke depan.

"Perbaikan jalan dalam rangka TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ini pengerjaannya sudah sekitar 70 persenan. Insya Allah bisa selesai dalam beberapa hari ke depan," Kata Ary kepada wartawan di lokasi, Rabu (14/10/2020).

Ary berharap perbaikan jalan yang menghubungkan tiga kampung yakni Bakom, Cinangsi dan Kampung Torowek ini bisa bermanfaat dan digunakan oleh masyarakat setempat.

"Selain memperbaiki jalan, kami juga melaksanakan perbaikan terhadap 17 rutilahu di beberapa titik di Tasikmalaya," Tambah Ary.

Sementara itu, kegiatan TMMD ini tetap digelar di massa pandemi. TNI memastikan anggotanya dan masyarakat yang ikut serta dalam proses pembangunan menerapkan protokol kesehatan.

"Sembari memperbaiki jalan, anggota juga mengedukasi masyarakat tentang COVID-19. Anggota di lapangan mengedukasi bagaimana pentingnya menggunakan masker hingga menjalankan pola hidup bersih dan sehat," Kata Marsekal Muda TNI Irawan Nurhadi, Aspotdirga Kasau yang hadir dalam proses peninjauan, Rabu.

(mud/mud)