Round-Up

Teka-teki Kelompok Misterius Perusak Mobil Eks DPR WA Ode di Cianjur

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 08:38 WIB
Mobil mantan anggota DPR Wa Ode dirusak orang tak dikenal.
Foto: Penampakan mobil mantan anggota DPR Wa Ode yang dirusak orang tidak dikenal (Istimewa).
Bandung -

Polisi tengah mengusut kasus perusakan mobil eks anggota DPR WA Ode Nur Zainab di kawasan Puncak, Cianjur, Jawa Barat. Sejauh ini, kelompok perusak masih misterius.

Polres Cianjur yang menerima laporan menyebut ada 10 orang yang terlibat dalam aksi penyerangan dan perusakan mobil. Perusakan terjadi di halaman parkir salah satu outlet di kawasan Puncak Cianjur.

Kasat Reskrim Polres Cianjur AKP Anton, mengatakan sepuluh orang tersebut teridentifikasi melalui rekaman CCTV outlet yang menjadi lokasi kejadian. Namun pihaknya masih mencari identitas dari 10 orang tersebut. Untuk segera diungkap dan ditangkap.

"Dari rekaman CCTV ada sekitar 10 orang yang melakukan aksi penyerangan dan perusakan. Tapi masih kita cari tahu identitas setiap pelakunya. Kami berusaha secepatnya bisa ditangkap," kata Anton saat ditemui di Mapolres Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Senin (12/10/2020).

Ia mengaku belum bisa memastikan apakah penyerangan tersebut salah sasaran atau ada motif lain.

"Kami belum bisa menjawab ke ranah itu. Sekarang fokus ke pengungkapan dan penangkapan pelaku. Setelah ditangkap dan diperiksa, nanti bisa diketahui apa motifnya," kara Anton.

Anton menegaskan apapun motif dan alasan para pelaku, tindakan penyerangan tersebut tidak dibenarkan dan sudah melanggar hukum.

"Pasti akan kami proses, sebab itu tindakan yang tidak dibenarkan. Apalagi dari barang bukti yang diamankan juga ada sebilah golok. Ini membahayakan. Makanya kami tegas akan menindak para pelaku," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, mantan Anggota DPR RI Wa Ode Nur Zainab diserang dan mobilnya dirusak sekelompok orang tak dikenal di kawasan Puncak Cianjur, Jawa Barat. Bahkan para pelaku sempat mengacungkan dan melemparkan golok.

Menurut Wa Ode, golok diacungkan seorang pelaku saat melihat di dalam mobil ada orang. Golok itu diacungkan dan dihantamkan ke kaca samping mobil, Golok itu juga dilemparkan pelaku ke dalam mobil yang kacanya pecah.

"Bukan hanya pelemparan dan perusakan mobil. Mereka juga berniat untuk menyerang menggunakan golok sampai dilemparkan ke dalam. Golok itu saya temukan di dalam mobil dan diserahkan ke polisi untuk barang bukti," ujar Wa Ode kepada detikcom via sambungan telepon, Senin (12/10/2020).

Saat kejadian itu Wa Ode berada di dalam pusat perbelanjaan. Di dalam mobilnya hanya ada sopir.

Wa Ode mendesak polisi mengusut tuntas dan menangkap para pelaku yang sudah menyerang serta merusak mobilnya. Dia juga menyebut insiden tersebut juga merupakan upaya pembunuhan, dengan adanya pelaku yang menggunakan golok.

"Kami minta secepatnya diungkap dan ditangkap para pelakunya. Saya tidak punya masalah apapun di Cianjur, tapi menjadi sasaran penyerangan. Tidak secara langsung ini juga upaya pembunuhan, bukan sekadar perusakan ataupun tindak kekerasan," tegasnya.

(dir/mso)