Pria Pengancam Kadis PUPR KBB Ternyata Mantan Timses Bupati Aa Umbara

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 18:55 WIB
J (54), pria pembawa ular yang melakukan pengancaman terhadap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat mendekam di balik jeruji besi Polres Cimahi.
Foto: Pria bawa ular dan ancam Kadis PUPR KBB ditangkap (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

J (54), tersangka pengancaman terhadap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat ternyata mantan tim sukses Bupati Bandung Barat Aa Umbara pada Pilkada 2018 lalu.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna pun tak mengelak jika J memang merupakan bagian dari tim suksesnya saat dulu berlaga di pemilihan kepala daerah.

"Ya kita sayangkan perilaku tersebut. Mestinya kalau dia itu tim sukses saya dulu, caranya tidak seperti itu. Imbasnya ke saya juga," ungkap Umbara, Rabu (7/10/2020).

Aa Umbara menegaskan bahwa penetapan pemenang proyek di Bandung Barat telah sesuai prosedur yang berlaku. Di sisi lain ia tak menghalangi jika ada warga Bandung Barat yang ingin mengerjakan proyek dari Pemda.

"Kalau ingin proyek gak seperti itu caranya, mau tim sukses atau masyarakat biasa lakukan secara baik-baik dan taati prosedur," paparnya.

J sendiri telah diamankan pada Senin (5/10/2020) malam, atau hanya beberapa jam setelah ia melakukan pengancaman terhadap Kadis PUPR. Ia terancam hukuman 9 tahun penjara akibat perbuatannya.

J dinilai telah melakukan perbuatan pengancaman dengan kekerasan terhadapa pejabat negara untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

"Pelaku dijerat dengan Pasal 368 subsidair Pasal 211 subsidair pasal 335 KUHP dengan ancaman hukuman dari satu tahun hingga maksimal sembilan tahun penjara," ungkap Wakapolres Cimahi Kompol Ari S Wibowo.

(mso/mso)