Kasus Korupsi Dana Desa Rp 128 Juta, Kades di Cirebon Ditangkap Polisi

Sudirman Wawad - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 17:23 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Cirebon -

HS, Kepala Desa (Kades) Slendra, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terjerat kasus korupsi anggaran dana desa (ADD). HS menggunakan ADD untuk kepentingan pribadinya.

"Tersangka berinisial HS. Seorang kuwu (kepala desa)," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi kepada awak media saat konferensi pers di Mapolresta Cirebon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (7/10/2020).

Syahduddi menerangkan pengungkapan kasus korupsi yang dilakukan HS itu berdasarkan laporan Inspektorat Kabupaten Cirebon. Polisi mengamankan barang bukti uang sebesar Rp 67 juta.

"Hasil audit inspektorat ada kerugian uang negara sebesar Rp 128 juta. Tersangka ini menyelewengkan ADD untuk tahun 2016-2017. Waktu itu masih menjabat sebagai kades, sekarang sudah dinonaktifkan," kata Syahduddi.

Syahduddi menerangkan berkas kasus korupsi yang dilakukan HS sudah dinyatakan lengkap. Dalam waktu dekat pihak kepolisian akan menyerahkan barang bukti dan tersangka ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumber Kabupaten Cirebon.

Akibat perbuatannya pelaku dijerat UU Nomor 20/2001 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman kurungan penjara minimal empat tahun, maksimal 20 tahun.

Syahduddi juga menambahkan pihaknya sedang menginvestigasi beberapa kades lain. "Ada lima kades lain yang masih investigasi dan audit," kata Syahduddi.

(mso/mso)