Sunda Empire Trending di Twitter, Raden Rangga cs Bacakan Pleidoi Hari Ini

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 11:54 WIB
Raden Rangga
Foto: Raden Rangga petinggi Sunda Empire (Dok detikcom).
Bandung - Sunda Empire tengah trending di Twitter. Berkaitan dengan Sunda Empire, hari ini Raden Rangga Sasana cs akan membacakan nota keberatan atau pleidoi atas tuntutan jaksa.

Sunda Empire trending di Twitter. Dilihat detikcom pada Selasa (6/10/2020), sejumlah akun men-tweet kalimat dengan tulisan Sunda Empire.

Bahkan beberapa di antaranya menyelipkan foto formulir pendaftaran dan foto Raden Rangga Sasana.

Cuitan netizen dihubung-hubungkan dengan kondisi negara saat ini. Ada yang menilai ketiadaan Sunda Empire membuat tatanan negara kacau.

"Pada ngerasa ga sih setelah Sunda Empire ditangkep, tatanan dunia malah jadi kacau," ucap salah satu netizen.

Sementara itu, Sunda Empire sendiri saat ini tengah menjalani proses persidangan. Hari ini, tiga terdakwa yakni Raden Ratna Ningrum, Nasri Banks dan Rangga Sasana bakal membacakan pleidoi atas tuntutan jaksa.

"Jadi (sidang pleidoi) kita sedang koordinasi dengan jaksa (untuk waktu persidangan)," kata Erwin Syahduddi salah satu kuasa hukum terdakwa.

Dalam amar tuntutannya, jaksa Kejati Jabar Suharja menilai ketiga terdakwa terbukti bersalah dan meyakinkan menyebarkan berita bohong. Hal itu sesuai dakwaan ke satu Pasal 14 ayat (1) Undang-undang Nomor 1 tahun 1946.

"Meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara masing-masing empat tahun penjara," ucap Jaksa.

Dalam pembacaan tuntutan itu, jaksa menjelaskan perbuatan yang dilakukan ketiga terdakwa itu. Menurutnya, ketiganya terbukti melakukan dan turut serta melakukan perbuatan menyebarkan berita bohong dengan sengaja terkait adanya kerajaan Sunda Empire.

"Akibat perbuatannya telah menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat Sunda. Karena telah mengotori dan mengusik keharmonisan masyarakat khususnya masyarakat Sunda," tutur Jaksa. (dir/mso)