Kabupaten Serang Ditetapkan Jadi Zona Merah COVID-19

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 20:18 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Serang -

Kabupaten Serang hari ini ditetapkan menjadi zona merah penyebaran virus COVID-19. Hal ini ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten per Senin (5/10/2020).

"Iya, sejak tanggal 5 ditetapkan oleh Provinsi Banten dinyatakan merah," kata Jubir Gugus Tugas Kabupaten Serang Agus Sukmayadi dikonfirmasi detikcom.

Per hari ini, penambahan kasus di wilayahnya ini ada sekitar 28 kasus. Kebanyakan penambahan ada di wilayah Serang Timur yaitu Cikande, Kibin, dan Ciruas yang merupakan wilayah industri.

"Kita khawatir ini klaster industri. Sekarang Cikande banyak. Saya sudah laporkan ke satgas penetapan zona, ditetapkan sejak hari ini," ujarnya.

Agus melanjutkan, pihaknya kesulitan untuk mendapatkan data pasien positif dari pihak industri di Serang Timur. Ini karena mereka melakukan swab secara mandiri dan ketika ada karyawan yang positif, ini tidak dilaporkan ke pihak satgas.

"Ada beberapa karyawan positif harusnya dilaporkan ke Dinkes dan satgas untuk antisipasi dan melakukan isolasi supaya tidak terjadi penyebaran. Mungkin industri ketat melakukan penerapan protokol, tetapi mana kala buruh atau karyawan keluar dari lingkungan pabrik kadang-kadang tidak bisa diantisipasi," ujarnya menjelaskan.

Sebab itu, Pemkab pada Selasa (6/10) besok meminta industri untuk membuka data karyawan dan buruh yang positif Corona. Ini untuk mempermudah melakukan tracing dan tracking bagi yang melakukan kontak erat.

"Besok kita ke industri agar membuka data. Kita kesulitan kalau industri tidak lapor ke kita," ujarnya.

Berdasarkan data yang disampaikan Gugus Tugas Provinsi Banten per hari ini pukul 18.00 WIB, penambahan kasus positif se-Banten ada 98 pasien. Total positif mencapai 6.167 pasien dengan angka masih dirawat 1.331 orang dan sembuh 4.628 orang. Untuk pasien meninggal ada 208 orang.

Hari ini juga ada perubahan zona yaitu Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangsel berubah zona jadi orange. Sedangkan zona merah yaitu Kabupaten Serang dan Kota CIlegon.

(bri/mud)