Ini 3 Provinsi Juara Umum Festival dan Lomba Seni Siswa 2020

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 04 Okt 2020 12:50 WIB
Pengumuman juara umum festival dan lomba seni siswa 2020
Pengumuman juara umum festival dan lomba seni siswa 2020 (Foto: Istimewa)
Bandung -

Gelaran Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2020 yang digelar secara daring (dalam jaringan) telah berakhir. Rangkaian FLS2N 2020 ini sudah dilaksanakan sejak 21 September hingga 3 Oktober 2020.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, ajang perlombaan di tengah pandemi ini menjadi suatu pencapaian para siswa dapat berinovasi dan menjaga keoptimisan.

"Adik-adik belajar bagaimana menampilkan karya seni bisa dinikmati secara virtual tentu tidaklah mudah. Menjaga semangat dan optimis di masa pandemi tidaklah mudah. Tapi para pememanang telah menunjukkan di masa pandemi tidak menghalangi inovasi, meskipun banyak keterbatasan," kata Nadiem dalam penutupan FLS2N secara virtual di Bandung, Sabtu (3/10) malam.

Dia meyakini, seni dapat membangun energi positif dan rasa bahagia sehingga membuat masyarakat lebih optimis melewati rintangan. "Nilai-nilai dari kesenian dapat membentuk karakter positif karena proses berkarya mengajari begitu banyak hal. Melalui festival ini adik-adik berkenalan dengan teman-teman dari seluruh Indonesia, berkenalan dengan keberagaman," ujarnya.

FLS2N 2020 diikuti oleh 19 ribu siswa pada seleksi tingkat daerah, terpilih 1.381 siswa terbaik yang berlomba di tingkat nasional untuk berbagai bidang seni penciptaan dan pertunjukkan seperti seni vokal, musik, tari, film, puisi, teater, seni poster, komik, seni kriya, hingga pantomim.

Dari 1.381 peserta, telah terpilih 131 peserta terbaik untuk semua jenjang dan semua bidang untuk berbagai kategori. Dari ajang tersebut, tiga provinsi menempati sebagai juara umum yaitu Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Jawa Tengah menempati posisi pertama setelah berhasil merebut 7 emas, 3 perak dan 5 perunggu. Posisi kedua diraih oleh Provinsi Jawa Barat dengan perolehan 6 medali emas dan 3 perak serta posisi ketiga ditempati oleh Provinsi D.I Yogyakarta dengan raihan 6 medali emas, 2 perak dan 3 perunggu dari ajang perlombaan di jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Syaiful Huda juga turut memberikan apresiasi atas terlaksananya FLS2N 2020. Menurutnya, pandemi COVID-19 yang membatasi ruang dan waktu dapat menumbuhkan kreatifitas berkarya anak-anak.

"Layaknya sebuah seni, kesenian selama hidup selalu dilahirkan dengan keterbatasan ruang dan waktu, selalu dilahirkan dari kesederhanaan. Pandemi COVID-19 ini telah melahirkan keterbatasan, tapi saya meyakini karya seni selalu lahir dari keterbatasan," kata Syaiful Huda.

Dia mengatakan, Pusat Prestasi Nasional berkali-kali mendapatkan mandat langsung dari Presiden agar mencari talenta terbaik di Indonesia. "Kita dorong menjadi bagian cara medium untuk mencari siswa-siswa terbaik yang kemudian hari bisa membuat ekosistem talenta terbaik," pungkasnya.

Dalam acara penutupan tersebut juga diisi oleh perwakilan peserta terbaik dari berbagai daerah dan bidang perlombaan. Selain itu, FLS2N 2020 juga diisi dengan webinar, tutorial, workshop, konser dan pameran virtual.

(mud/mud)