Dicurigai Netizen soal Jarum Suntik, Ridwan Kamil: Jika Gak Ngerti Tanya Ahli

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 20:55 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil jalani pengambilan darah di Puskesmas Garuda.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menampilkan foto saat diambil darahnya. (Foto: tangkapan layar Instagram akun Jabar Ridwan Kamil)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil buka suara soal jarum pengambil sampel darah yang menjadi pertanyaan netizen. Ia menjelaskan, pada tahap ke-empat uji klinis vaksin COVID-19 (V3), darahnya diambil menggunakan alat bernama vacutainer.

"Ada dua jarum: satu ke vena satu ke tabungnya. Yang terlihat seperti tutup itu, ya itulah tabung vacumnya. Teknologi baru dalam pengambilan darah. Beda dengan jarum suntik jadul yang biasa dipake," tulis pria yang akrab disapa Emil itu melalui akun Instagramnya, Jumat (2/1/2020).

Emil menyayangkan sikap netizen yang lebih memilih untuk menuding, ketimbang mencari tahu pada ahlinya. "Jika gak ngerti tanya pada ahlinya, bukan menuding pura-pura disuntik dan pembohongan publik. Posting dari yang tidak berilmu dikeproki oleh followernya yang sama2 tidak pake ilmu. Kasian. Pikarunyaeun. Dimaafkan," tulisnya.

Sebelumnya, di antara deretan foto V3 yang diunggah, ada foto yang membuat netizen bertanya-tanya. Pasalnya, alat yang digunakan untuk mengambil sampel darah Emil tampak seperti masih terbungkus jarum suntiknya.

Netizen pun membanjiri kolom Instagram Emil dengan mempertanyakan kebenaran foto tersebut. Salah satunya yang diunggah oleh Instagram @teluuur, yang menyebut jika jarum suntik yang belum dibuka penutupnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2