Sahrul Gunawan Sebut Banyak Destinasi Wisata Bandung Masih 'Perawan'

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 21:03 WIB
Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan
Sahrul Gunawan (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Artis sinetron Sahrul Gunawan kini terjun di Pilkada Serentak 2020 sebagai calon wakil bupati Bandung. Dirinya berduet dengan anggota DPRD Jawa Barat Dadang Supriatna.

Ternyata, selain berbisnis di travel haji dan umroh, Sahrul Gunawan berbisnis di bidang Pariwisata. Sahrul mengaku, sudah 15 tahun terjun ke dunia pariwisata seperti paket berlibur ke daerah yang dekat Jakarta maupun lokasi yang jauh dari pusat keramaian.

Pengalaman tentang pariwisata itu, yang juga memotivasi Sahrul untuk maju dalam Pilkada Bandung 2020. Kesan pertamanya ketika berkunjung ke Kabupaten Bandung yakni dirinya amat terkejut dengan kondisi pariwisata di Kabupaten Bandung.

Dia menemukan banyaknya pariwisata yang masih perawan atau belum terkelola dengan baik oleh pemerintah daerah.

"Di sini kebanyakan tempat wisata yang masih perawan. Itu yang menjadi perhatian saya untuk bisa melakukan sesuatu. Karena ini kemampuan saya di bidang pariwisata," tutur Sahrul beberapa hari lalu kepada detikcom.

Seperti kesaksiannya ketika berkunjung ke Situ Cileunca, Pangalengan Kabupaten Bandung. Ia melihat bahwa Situ Cileunca memiliki potensi wisata yang dapat dimaksimalkan.

Saat ini, katanya, Situ Cileunca baru dikelola oleh warga sekitar. Ia membayangkan, bagaimana jika Situ Cileunca dikelola oleh pihak yang lebih profesional tetapi tetap melibatkan warga sekitar.

"Di selatan yah, itu masih banyak sekali (pariwisata yang perawan). Saya sempat ke Situ Cileunca. Segitu aja sudah rapi dikelola sama Karang Taruna. Apalagi nanti bisa undang swasta tapi tentu dengan AMDAL dan tata ruang yang baik," katanya.

Selain hasil kunjungannya, ia pun mendapatkan sejumlah keluhan dari teman dekatnya. Salah satunya menyoal perijinan membuka wisata dan restoran di Kabupaten Bandung.

"Ada teman saya mau bikin restoran di Cimenyan, harus keluar berapa miliar untuk keluar ijinnya. Nah itu kan artinya ada yang salah nih,"

"Dan akhirnya syaa merasa, wow Allah ngasih kesempatan ini ada apa nih. Kalau misalkan saya bisa berbuat sesuatu yang bisa jadi manfaat kan jadi amal Soleh buat saya kan," ceritanya.

(mud/mud)