Potensi Tsunami 20 Meter, Nelayan Sukabumi: Kami Tak Panik-Tetap Melaut

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 13:32 WIB
Hasil riset ITB yang mengatakan potensi terjadinya tsunami di sepanjang pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Timur mendapat tanggapan dari sejumlah nelayan di pesisir Pantai Cikembang, Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Mereka mengaku tidak panik dan lebih mengedepankan kewaspadaan.
Nelayan di Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Kabupaten Sukabumi -

Hasil riset ITB yang mengatakan adanya potensi tsunami di pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Timur mendapat tanggapan dari sejumlah nelayan di pesisir Pantai Cikembang, Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Mereka mengaku tidak panik dan lebih mengedepankan kewaspadaan.

Hal itu diungkapkan Ketua Rukun Nelayan Cikembang Eman Sulaeman. Menurutnya, tidak ada kepanikan begitu kabar soal tsunami itu ramai diberitakan sejumlah media.

"Alhamdulillah sampai saat ini masyarakat nelayan Pantai Cikembang ini selalu waspada dan tidak panik. Apalagi sampai ada yang mengungsi setelah mendengar berita tersebut itu," kata Eman kepada detikcom, Rabu (30/9/2020).

Eman mengaku sudah mendengar soal tsunami dengan gelombang setinggi 20 meter. Sebagai ketua rukun nelayan ia hanya meminta nelayan tidak panik soal informasi itu

"Saya sudah dengar informasi prediksi tsunami gelombang setinggi 20 meter sudah dengar. Sebagai ketua rukun nelayan, saya menyampaikan kepada masyarakat nelayan jangan terlalu panik dan selalu waspada. Kami hanya menyampaikan pembicaraan dan menekankan serta menguatkan jangan sampai terlalu panik," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2