Lima Rumah Hangus Terbakar di Cianjur, 3 di Antaranya Rata dengan Tanah

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 01:39 WIB
Kebakaran rumah di Cianjur
Kebakaran rumah di Cianjur (Foto: Istimewa).
Cianjur -

Sebanyak lima rumah milik warga Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur, Jawa Barat hangus terbakar, Minggu (27/9/2020). Kebakaran yang diduga diakibatkan konsleting listrik, membuat tiga rumah rata dengan tanah.

Kapolsek Cikalongkulon AKP R Dandan Nugraha,mengatakan kebakaran di Kampung Leuwibungur, Desa Sukagalih,Kecamatan Cikalongkulon itu berawal ketika Ependi hendak menghidupkan listrik, melalui MCB yang tersambung ke rumah Heri.

"Saat Ependi mencoba menghidupkan listrik melalui MCB, listrik tersebut kembali mati hingga beberapa kali," ucap Dandan via telepon seluler.

Tetapi ketika Ependi melihat ke rumah Heri, terlihat ada kobaran api yang muncul tepat di bagian saklar rumah milik Heri dan langsung menyambar tumpukan pakaian yang berada di bawah saklar tersebut.

"Banyaknya barang mudah terbakar di rumah tersebut, kobaran api seketika langsung membesar dan menyebar ke sekeliling bagian rumah serta bagian atap rumah milik Heri, Uus dan Pendi karena letaknya yang berdekatan," jelas Dandan.

Tak hanya ketiga rumah orang tersebut lanjut Dandan, api juga sempat merembet ke bagian atap tumah Sobari dan Ai. Namun beruntung dua unit pemadam kebakaran dengan dibantu warga berhasil memadamkan api satu jam setelah kejadian.

Dadan menyebutkan total ada lima rumah yang terbakar, yakni rumah milik Heri Rusdiana (43), Uus Rusmana (40), Pendi (48), Sobari (78) dan Ai Nurjanah (40).

Dari kelima rumah tersebut, rumah milik Heri, Uus dan Pendi rata dengan tanah dilalap api

"Untuk rumah milik Sobari dan Ai hanya mengalami kerusakan di bagian atap rumah karena warga dan pemadam kebakaran cepat memadamkan api tersebut," ujarnya.

Menurutnya, dugaan sementara kebakaran terjadi akibat adanya korsleting listrik dari rumah Heri saat rumah tersebut ditinggalkan pemiliknya.

(mso/mso)