Unak Anik Jabar

Cerita Perempuan Cantik-Kerajaan Musang di Pohon Kosambi Tertua di Kuningan

Bima Bagaskara - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 13:46 WIB
Pohon Kosambi tua di Kabupaten Kuningan.
Pohon Kosambi tua di Kabupaten Kuningan (Foto: Bima Bagaskara/detikcom).
Kuningan -

Sebatang pohon kosambi (schleichera oleosa) berukuran besar kokoh berdiri di area pemakaman umum Dusun Paleben, Desa Babakanreuma, Kuningan, Jawa Barat.

Konon katanya, pohon besar tersebut merupakan satu-satunya pohon kosambi di Kabupaten Kuningan yang saat ini sudah berusia lebih dari 300 tahun.

Abah Casmita Rohim (72) salah seorang sesepuh di Dusun Paleben menjelaskan jika pohon Kosambi tersebut sudah ada sejak ia lahir tahun 1948. Menariknya sejak saat itu ukuran pohon Kosambi tidak pernah berubah.

"Dari saya lahir tahun 1948, pohon itu sudah ada dan ukurannya tetap sama segitu-gitu aja," ungkap Abah Casmita saat ditemui detikcom di rumahnya beberapa waktu lalu.

Pohon kosambi itu juga dikabarkan banyak menyimpan cerita mistis. Mulai dari penampakan sesosok perempuan cantik hingga keberadaan kerajaan musang di dalam pohon.

Lokasi pohon kosambi yang berada di tengah-tengah area pemakaman membuat aura mistis semakin kuat terasa. Bahkan tepat di samping pohon terdapat tempat penyimpanan keranda mayat.

Namun Abah Casmita tidak menjelaskan secara rinci tentang cerita mistis yang ada pada pohon kosambi tersebut. Menurutnya, meski banyak orang yang beranggapan itu pohon angker namun Ia pribadi belum pernah menemukan hal yang janggal dari pohon besar itu.

"Sebetulnya enggak angker biasa-biasa aja, cuma ya memang kelihatannya angker tapi pengalaman pribadi abah si belum pernah lihat hal-hal aneh," lanjutnya menceritakan.

Tidak jauh dari lokasi pohon kosambi, terdapat sebuah makam pendiri Dusun Paleben yakni Mbah Buyut Gebang. Menurut Abah Casmita, Mbah Buyut Gebang dulunya merupakan seorang lebe atau penghulu di dusun tersebut.

"Dulu ada seorang lebe namanya Mbah Buyut Gebang dan dari situlah nama Dusun Paleben ini diambil," pungkasnya.

Sementara itu Nardi (65) salah seorang warga setempat mengaku pernah memiliki pengalaman mistis terhadap pohon kosambi tua itu.

"Pernah ada teman saya tukang ojeg yang bawa penumpang perempuan, tapi setelah melewati pohon itu penumpangnya hilang," singkat Nardi.

Hal yang sama juga dialami Salawati (32). Ia menceritakan pernah melihat sesosok perempuan hingga genderuwo di sekitar pohon Kosambi tersebut.

"Penampakan di pohon seorang perempuan saat sedang lewat. Terus ada binatang besar tapi tidak tahu apa seperti genderuwo," pungkasnya.

(mso/mso)