Round-Up

Pria Rusak Masjid di Dago Bandung, Apa Motifnya?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 11:20 WIB
Sebuah masjid di Bandung dilempar seorang priapria hingga mengakibatkan kaca pecah. Pria yang diketahui berinisial DB itu tiba-tiba datang dan melakukan pelemparan.
Kaca masjid di Dago Bandung pecah dilempar seorang pria (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Pria di Bandung berinisial DB melakukan perusakan pada sebuah masjid. Polisi sudah mengamankan DB usia kejadian.

Pelemparan itu dilakukan DB ke Masjid Nurul Jamil di Jalan Bukit Dago Selatan, Kecamatan Coblong, Kota Bandung pada Rabu (23/9/2020). Insiden itu diketahui terjadi pada pukul 06.00 WIB.

"Iya pukul 06.00 WIB diketahui ada seseorang melakukan pelemparan batu ke masjid," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (23/9/2020).

Ulung menuturkan pria itu melempari bangunan yang merupakan masjid dan kantor sekretariat masjid. Akibat pelemparan itu, kata Hendra, ada tiga titik kerusakan di kaca bangunan.

"Ada tiga titik (pelemparan)," katanya.

Usai kejadian tersebut, sambung Ulung, pria yang diketahui berinisial DB itu diamankan oleh warga sekitar. Warga lantas menyerahkan pria itu ke polisi.

"Diketahui oleh DKM lalu pengurus DKM menangkap dan dilaporkan ke polisi dan dibawa ke kantor polisi," tuturnya.

Untuk motif sendiri, polisi masih melakukan pendalaman. Polisi memeriksa saksi-saksi yang melihat di TKP.

"Saat ini motif masih kita dalami," katanya.

Akibat kejadian itu, pihak DKM mengaku mengalami kerugian. Menurut ketua DKM Masjid Nurul Jamil H Imron, kerugian mencapai Rp 7,5 juta.

"Kerugian sekitar Rp 7,5 jut," ucap Ketua DKM Masjid Nurul Jamil H Imron saat dikonfirmasi, Kamis (24/9/2020).

Imron mengatakan pihak keluarga dari pelaku sudah datang ke DKM Masjid Nurul Jamil. Menurut Imron, pihak keluarga siap mengganti rugi atas perbuatan yang dilakukan oleh DB.

"Kebetulan tadi pagi-pagi dari pihak pelaku, keluarganya, uwak-uwaknya, memang akan bertanggung jawab mengganti itu. Tapi minta keringanan dengan dicicil lah istilahnya. Ya sudah nggak apa-apa, kami nyari dana dari lain," katanya.

Tonton juga 'Terekam CCTV! Aksi Pencurian Kotak Amal di Masjid Kota Parepare':

[Gambas:Video 20detik]

(dir/mso)