Cerita Warga Santap Daging Hiu Paus yang Terdampar di Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 16:54 WIB
Hiu paus totol memiliki ukuran panjang lima meter dan berat sekiytar satu ton itu pertama kali dilihat oleh warga yang tengah mencari ikan di muara Ciwidig Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Jumat (25/9/2020).
Warga memotong daging bangkai hiu paus yang terdampar di Muara Ciwidig Cianjur. (Foto: istimewa)
Cianjur -

Warga memotong dan mengambil daging hiu paus yang terdampar di Muara Ciwidig, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Selain menyantapnya, sebagian warga mengolah daging ikan besar itu menjadi minyak.

Syamsul Bahri (50), tokoh masyarakat Desa Kertajadi, mengatakan ada banyak warga yang mengambil daging hiu paus yang berukuran panjang 5 meter dan berat sekitar 1 ton itu. "Ada yang ambil sekilo, ada juga yang sampai dua kilogram atau lebih," ujar Syamsul kepada detikcom, Sabtu (26/9/2020).

Menurutnya, daging dan bagian dari satwa langka tersebut ada yang diolah menjadi masakan. Tetapi ada pula yang dijadikan minyak khusus.

Ia mengungkapkan rasa daging hiu paus serupa dengan daging ikan laut lainnya. "Rasa dan teksturnya sama saja dengan daging ikan lainnya. Karena jarang ada, kondisi ikannya masih segar meskipun sudah mati. Jadi warga banyak yang ikut ambil untuk dikonsumsi," kata Syamsul.

Seekor hiu paus ini terdampar di Muara Ciwidig Cianjur, Jumat (25/9) siang. Hiu paus itu pertama kali dilihat oleh warga yang tengah mencari ikan. Warga langsung memotong dan mengambil daging ikan besar tersebut.

Lihat video 'Detik-detik Hiu Paus Terdampar di Cianjur, Dagingnya Dipotong Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)