Insiden Perahu Terbalik di Waduk Cirata, Jasad Remaja Pria Ditemukan

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 11:27 WIB
Indra (16), warga Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, yang tenggelam di Waduk Cirata, akhirnya ditemukan setelah lebih dari 24 jam pencarian.
Foto: dok.BPBD Bandung Barat
Bandung Barat -

Petugas menemukan jasad Indra (16) yang tenggelam di Waduk Cirata. Remaja pria warga Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, itu ditemukan petugas gabungan pada Jumat (25/9), pukul 23.30 WIB

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo mengungkapkan jasad korban ditemukan tak jauh dari lokasi perahu yang dinaikinya terbalik hingga akhirnya ia tenggelam. Tenggelamnya Indra saat perahu terbalik itu terjadi pada Kamis (24/9), sekitar pukul 19.00 WIB.

"Korban sudah ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia. Lokasinya tidak jauh dari saat kejadian tenggelamnya korban," ujar Duddy saat dihubungi, Sabtu (26/9/2020).

Proses pencarian terhadap korban terkendala oleh kondisi air waduk yang keruh ditambah kedalaman waduk lebih dari 40 meter membuat petugas membutuhkan waktu lama untuk menyisir lokasi.

"Memang kondisi airnya keruh jadi cukup menyulitkan pencarian. Kalau arus tidak ada, ditambah kedalaman waduk saja yang cukup dalam," kata Duddy.

Empat teman korban yang juga di atas perahu terbalik itu selamat. "Kalau empat orang lainnya selamat karena bisa berenang. Nah hanya korban ini saja yang tidak bisa berenang sampai akhirnya tenggelam," ujar Duddy.

Pihaknya meminta agar masyarakat di sekitar Waduk Cirata untuk memerhatikan keselamatan ketika akan beraktivitas di atas air terutama bagi yang tidak bisa berenang. "Aktivitas warga ini kan banyak bersentuhan dengan air karena mereka punya keramba apung. Nah lebih baik lindungi diri dengan memakai life jacket, hindari kejadian seperti ini," kata Duddy.

(bbn/bbn)