Hiu Paus Terdampar di Cianjur, Dagingnya Dipotong-Diambil Warga

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 22:19 WIB
Hiu paus totol memiliki ukuran panjang lima meter dan berat sekiytar satu ton itu pertama kali dilihat oleh warga yang tengah mencari ikan di muara Ciwidig Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Jumat (25/9/2020).
Warga memotong daging bangkai hiu paus yang terdampar di Muara Ciwidig Cianjur. (Foto: istimewa)
Cianjur -

Seekor ikan hiu paus atau rhincodon typus ditemukan mati terdampar di Muara Ciwidig, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Warga yang mengetahui bangkai itu langsung memotong dan mengambil dagingnya.

Hiu paus totol berukuran panjang lima meter dan berat sekitar satu ton itu pertama kali dilihat oleh warga yang tengah mencari ikan di Muara Ciwidig, Jumat (25/9/2020) siang. Warga mengira satwa dilindungi itu masih hidup dan hendak ditarik kembali ke tengah laut.

Tetapi saat ditarik, ikan tersebut terbalik dengan sirip bawah mengarah ke atas. "Dari situ dipastikan jika hiu paus tersebut sudah mati," ujar Kapolsek Cidaun Iptu Sumardi via sambungan telepon.

Namun, menurut dia, saat petugas ke lokasi, hiu paus tersebut sudah sisa tulang belulang. Warga sudah memotong daging bangkai ikan itu untuk dibawa pulang.

"Dipotong warga dan dibawa pulang. Mungkin sudah dimasak oleh warga. Memang cukup disayangkan, meskipun sudah dalam keadaan mati," kata dia.

Sumardi menambahkan kejadian seperti itu bukan yang perdana. Beberapa tahun sebelumnya juga ditemukan hiu paus terdampar di pesisir pantai. "Waktu itu hiu paus masih hidup dan dikembalikan ke laut," ucapnya.

Ia mengaku belum bisa memastikan penyebab hiu paus tersebut terdampar. Sumardi hanya mengingat ada kejadian serupa di Yogyakart.

"Informasinya beberapa hari lalu juga ada di Yogyakarta. Kami coba koordinasi dengan pihak terkait, kenapa banyak hiu paus terdampar," tutur Sumardi.

(bbn/bbn)