Pilkada Serentak 2020, Ridwan Kamil Kukuhkan 7 Pjs Kepala Daerah

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 16:19 WIB
Ilustrasi Pilgub Jabar
Foto: Ilustrasi (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengukuhkan tujuh pejabat sementara (Pjs) bupati/walikota. Mereka akan menggantikan peran para kepala daerah yang maju di Pilkada Serentak 2020 untuk sementara waktu.

Sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri, para Pjs ini akan mulai bekerja terhitung tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020, atau berkisar dua bulan lebih. Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menitipkan sejumlah arahan kepada para Pjs.

"Diharapkan bisa menjaga kondusivitas sosial politik di wilayah pilkada, itu jadi prioritas nomor satu. Kemudian diharuskan melakukan silaturahmi dengan Forkompimda, tokoh pemuda, tokoh masyarakat di wilayahnya masing-masing," ujar Kang Emil.

Kemudian, ia menekankan lagi agar para Pjs bisa menjaga netralitas ASN, baik dalam skala kecil atau skala besar. Bahkan, ia pun menyinggung, jangan sampai ASN memberikan reaksi suka pada unggahan dari salah seorang peserta pilkada.

"Memberikan like pada unggahan di medsos juga tidak diperbolehkan," katanya.

Jelang akhir tahun, Kang Emil pun berpesan agar Pjs menjaga relasi dengan partai politik dalam rangka penyusunan APBD Tahun 2021 di masing-masing daerah. "Itu juga harus aman dan lancar sesuai dengan peraturan dan prosedur perundang-undangan sehingga betul-betul kondusivitas dijaga," tuturnya.

Kemudian terakhir, Kang Emil meminta agar para Pjs menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan, khususnya bagi para peserta dan simpatisan yang terlibat dalam pesta demokrasi tersebut.

"Maka tugas utama yang Bapak Menteri Dalam Negeri sampaikan ke saya adalah untuk mampu membuat pengendalian yang maksimal untuk COVID-19, khususnya di Depok masuk ke dalam zona Bodebek yang mengikuti Pilkada," katanya.

Berikut daftar Pjs di 7 kota dan kabupaten di Jawa Barat:

1. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat Yerry Yanuar ditetapkan sebagai Pjs Bupati Karawang

2. Kepala Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat Hening Widiatmoko ditetapkan sebagai Pjs Bupati Tasikmalaya.

3. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dani Ramdan ditetapkan sebagai Pjs Bupati Pangandaran.

4. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bambang Tirtoyuliono ditetapkan sebagai Pjs Bupati Indramayu.

5. Asisten Daerah III Bidang Administrasi Setda Jabar Dudi Sudrajat ditetapkan sebagai Pjs Bupati Cianjur.

6. Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi ditetapkan sebagai Pjs Walikota Depok.

7. Kabiro Hukum Sekjen Kemendagri R Gani Muhammad ditetapkan sebagai Pjs Bupati Sukabumi.

Tonton juga 'KPU Jelaskan Protokol Kesehatan Pilkada 2020':

[Gambas:Video 20detik]

(yum/mso)