Jadi Klaster Baru, Bupati Kuningan Minta Santri Ponpes Husnul Khotimah Dipulangkan

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 12:11 WIB
Bupati Kuningan Acep Purnama
Foto: Bima Bagaskara
Kuningan -

Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah jadi klaster baru covid-19 di Kuningan, Jawa Barat setelah 46 orang santri terkonfirmasi positif. Bupati Kuningan Acep Purnama meminta pengelola Ponpes memulangkan para santrinya yang jumlahnya ribuan.

"Perlu penanganan serius karena santri di Ponpes Husnul Khotimah ini jumlahnya ribuan. Kita sudah rapat untuk menangani klaster ini," kata Acep kepada detikcom Jumat (25/9/2020).

Meski seluruh aktivitas di Ponpes Husnul Khotimah sudah dihentikan sementara, namun Acep meminta pihak yayasan untuk memulangkan santri yang tidak terpapar covid-19.

"Untuk para santri yang sehat diharapkan agar dipulangkan dulu. Orang tua santri agar bisa menjemput, terkecuali yang positif ini harus isolasi dulu," lanjut Acep.

Acep juga mengatakan, Pemkab Kuningan telah menyiapkan Rumah Sakit Cahaya Ibu untuk digunakan sebagai tempat isolasi para santri yang positif. "Jika ingin digunakan untuk isolasi santri yang positif silahkan, kita sudah siapkan," pungkasnya.

Menanggapi permintaan Bupati Acep, pengasuh Ponpes Husnul Khotimah II Amam Batrutamam mengatakan pemulangan santri tidak mungkin dilakukan.

Hal itu karena santri di Ponpes Husnul Khotimah tidak hanya berasal dari Jawa Barat saja, namun juga banyak yang berasal dari daerah lain di Indonesia.

"Kalau dipulangkan tidak mungkin karena santri dari seluruh Indonesia, ada yang dari luar Jawa Barat seperti Kalimantan dan Kupang," singkat Amam saat dihubungi melalui sambungan telepon.

(ern/ern)