Bawaslu Pangandaran Desak Aturan Kampanye Direvisi

Faizal Amiruddin - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 14:54 WIB
Logo Bawaslu, gedung Bawaslu, ilustrasi gedung Bawaslu
Logo Bawaslu (Foto: Zunita Putri/detikcom)
Pangandaran -

Menjelang masa kampanye Pilbup Pangandaran, pro-kontra pelaksanaan kampanye berkaitan dengan potensi penyebaran virus Corona terus bergulir di masyarakat. Salah satu yang menjadi sorotan adalah aturan KPU saat ini yang masih memberi ruang bagi pasangan calon untuk menggelar rapat umum yang melibatkan massa dalam jumlah banyak.

Bahkan aturan KPU membolehkan kampanye dilakukan dalam bentuk pentas musik, olahraga, bazar dan lainnya. Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan aturan menggelar kampanye dalam bentuk rapat umum, pentas musik, olahraga dan bazar masih berlaku.

"Sampai saat ini belum ada revisi, jadi masih berlaku dan bisa dilaksanakan oleh pasangan calon," kata Muhtadin.

Kendati diperbolehkan, ia menjelaskan, tapi hal itu dikawal oleh ketentuan yang membatasi jumlah peserta maksimal sebanyak 100 orang dan harus dilakukan di tempat tertutup. "Aturan ini memungkinkan untuk diterapkannya protokol kesehatan," ujar Muhtadin.

Terkait asumsi membatasi jumlah peserta maksimal 100 orang dalam kegiatan rapat umum apalagi pertunjukan musik adalah hal yang sulit dilakukan, Muhtadin mengembalikan kepada pihak penyelenggara atau tim kampanye pasangan calon.

"Itu urusan mereka, yang jelas aturan membatasi maksimal 100 orang," ucap Muhtadin.

Selanjutnya
Halaman
1 2