Wali Kota Cimahi Imbau Warga Tak Pakai Masker Scuba dan Buff

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 12:49 WIB
Masker scuba dan buff kini tak disarankan untuk digunakan para pengguna KRL. Apa sih alasan kedua masker ini tak lagi diperkenankan untuk dipakai di KRL?
Ilustrasi masker scuba (Foto: Rifkianto Nugroho)
Cimahi -

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan masker jenis scuba dan buff sebagai pencegahan penularan COVID-19 saat beraktivitas.

Pemerintah memberikan larangan masker scuba dan buff lantaran dinilai tidak efektif memproteksi diri dari COVID-19. Pelarangan tersebut awalnya dicetuskan bagi masyarakat pengguna KRL.

"Kita masih sosialisasikan ke warga, karena kan tujuannya agar mencegah penyebaran COVID-19. Memang scuba itu tipis jadi mudah tembus dropletnya," ungkap Ajay saat ditemui, Rabu (23/9/2020).

Ajay mengatakan masyarakat pun tidak terlalu banyak yang mengenakan masker scuba maupun buff saat beraktivitas di luar rumah. "Kalau melihat di jalan engga banyak juga yang pakai scuba masker dan buff, mungkin warga juga sadar kurang efektif," terangnya.

Untuk itu Ajay mengimbau agar warga tidak mengenakan masker scuba dan buff jika akan bepergian maupun beraktivitas. "Kita imbau warga tidak menggunakan masker scuba dan buff karena untuk proteksi mereka juga," jelasnya.

Kota Cimahi kembali masuk ke zona orange setelah sebelumnya sempat masuk ke zona merah penyebaran COVID-19 hingga akhirnya terpaksa menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

Perubahan zona tersebut didasari oleh banyaknya orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang kemudian sembuh hingga akhirnya dinyatakan negatif COVID-19 setelah menjalani serangkaian tes.

(mud/mud)