Banjir Bandang Juga Terjang Cidahu Sukabumi, 3 Jembatan Putus dan 9 Rumah Rusak

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 21:02 WIB
Banjir bandang terjang Cidahu Sukabumi
Foto: Istimewa
Sukabumi -

Banjir bandang akibat luapan sungai juga terjadi di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Tiga buah jembatan dikabarkan putus dan 9 rumah warga rusak berat akibat luapan Sungai Cibojong pada pukul 17.30 WIB, Senin (21/9/2020).

Komandan Kodim (Dandim) 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo mengatakan personelnya saat ini masih berada di lokasi bersama warga. "Aliran Sungai Cibojong meluap, menyebabkan 3 jembatan semi permanen putus dan sembilan rumah warga rusak berat," kata Danang kepada detikcom.

Dijelaskan Danang, luapan aliran Sungai Cibojong diakibatkan intensitas curah hujang yang tinggi yang nyaris merata di Sukabumi. Data yang diberikan kerusakan akibat luapan sungai mengakibatkan kerusakan antara lain :

1. Jembatan Kp. Bantar Rt.05/01 Ds. Pondokaso Tengah, (perbatasan dengan Ds. Kompa Parungkuda),

2. Jembatan Kp. Tapos Rt.03/02 Ds. Pondokaso Tengah,

3. Jembatan Kp. Tapos Rt.03/02 Ds. Pondokaso Tengah, serta menyebabkan 9 (sembilan) rumah terkena dampak luapan sungai.

"Tidak ada Korban jiwa dalam kejadian tersebut, korban yang terkena dampak (penghuni rumah) di evakuasi ke Klinik Mitra Tamsil. Untuk kerusakan rumah secara keseluruhan dan kerugian materi masih dalam pendataan, dikarenakan aliran sungai masih deras," lanjut Danang.

Sejumlah personel TNI dikatakan Danang sudah melakukan berbagai upaya bantuan terhadap warga diantaranya mengevakuasi penghunu rumah yang terdampak luapan sungai.

"Evakuasi warga penghuni rumah yang rumahnya terkena dampak luapan sungai, dan sementara dibawa ke klinik Mitra Tamzil dan telah kembali, info sementara keluarga terkena dampak luapan sungai istirahat di rumah warga sekitar. Personel juga melakukan himbauan kepada warga agar tidak mendekati lokasi dikarenakan aliran sungai masih deras," pungkasnya.

Tonton video 'Dahsyatnya Banjir Bandang Sukabumi, Tiga Warga Hilang':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/ern)