Kota Bogor Kembali ke Zona Orange, Bima Arya: Kita Enggak Kendur!

M. Sholihin - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 16:45 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Bogor -

Setelah sempat berstatus zona merah COVID-19 selama sepekan, Kota Bogor kini kembali ke zona orange atau kota dengan resiko penyebaran COVID-19 kategori sedang. Wali Kota Bogor Bima Arya mewanti-wanti warganya untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Per dini hari tadi membaik ya. Kita cek, sudah tidak merah lagi statusnya. Sekarang sudah zona orange," kata Bima usai meresmikan 97 titik pemasangan WiFi untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk siswa di Kota Bogor, Senin (21/9/2020).

Meski Kota Bogor sudah kembali ke zona orange, kata Bima, Pemkot Bogor dan Gugus Tugas COVID-19 Kota Bogor akan terus memperbaiki langkah-langkah yang selama ini sudah dilakukan dalam menangani penyebaran virus Corona. "Jadi kita enggak kendur ya, walaupun situasi membaik, di semua lini akan terus kita perbaiki. Tim elang, tim merpati, unit lacak, unit pantau, pengawasan protokol kesehatan, menambah layanan paskes OTG, itu kita upayakan lebih gencar, kita usahakan tidak merah lagi," tutur Bima.

"Kita coba jaga terus, kita enggak kendur. Tetapi semangat terus agar tidak merah lagi," dia menambahkan.

Bima menyebut ada 14 indikator yang mempengaruhi perubahan status atau kondisi penyebaran COVID-19 di sebuah wilayah. "Laju kasus positif, tingkat kesembuhan ketersediaan tempat tidur, banyak ada 14 indikatornya. Satu persatu itu kita perbaiki, jangan sampai laju tak terkendali. Jadi tracing, testing, treatment-nya kita perbaiki," ujar Bima.

(bbn/bbn)