Cegah COVID-19, Gubernur Banten Targetkan 3-10 Ribu Tes Swab Per Hari

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 13:19 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim
Foto: Gubernur Banten Wahidin Halim (Bahtiar Rifa'i/detikcom).
Serang -

Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku akan meningkatkan jumlah tes swab. Setiap hari pihaknya menargetkan sebanyak 3.000 hingga 10.000 tes swab.

"Kalau lihat ke depan masih kurang, kita masih mesen ventilator. Sama reagen dari Korea Cuma belum datang. Nunggu bulan ini karena kita mau maksimalkan per hari 3.000 sampai 10.000 tes," kata Wahidin di Serang, Senin (21/9/2020).

Saat ini, tes swab di Banten sendiri diakuinya kurang dan masih di bawah target. Kendalanya, selain reagen yang kurang ditambah oleh kapasitas laboratorium yang terbatas.

"Itu yang dulu dari awal luput dari perhatian. Mestinya dari awal pemerintah sudah semacam memberi pendidikan, diklat atau peningkatan bagi teman-teman di laboratorium," ucapnya.

Di Labkesda milik Pemprov saja, kata dia, tenaganya masih sangat kurang dan kewalahan. Untuk mengatasi hal itu, pihaknya menambah jumlah pegawai di Labkesda karena kebutuhan hasil swab yang harus cepat.

Wahidin melanjutkan, jika dibandingkan dengan rasio jumlah pasien terpapar, alat PCR dan ventilator dinilai kurang. Ini yang menjadikan pemprov kewalahan meskipun sudah memiliki Labkesda untuk mengecek hasil swab.

"Kita punya tapi perlu ditingkatkan," pungkasnya.

Berdasarkan data hingga 20 September 2020, jumlah pasian positif COVID-19 di Provinsi Banten mencapai 4.326 kasus.

(bri/mso)