2 Eks Anggota Polri Pengedar Sabu Dipindah ke Lapas Gunung Sindur

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 12:10 WIB
2 Eks anggota Polri bandar sabu dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur
2 Eks anggota Polri pengedar sabu dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur (Foto: Istimewa)
Bandung -

Dua mantan anggota Polri yang dijatuhi hukuman mati lantaran terjerat kasus narkoba, Hartono dan Faisal dipindahkan dari Lapas Depok ke Lapas Gunung Sindur bersama delapan bandar narkoba lainnya.

Hartono dan Faisal terbukti terlibat pada kasus peredaran 37 kg sabu. Kasus ini terungkap pada 19 September 2019 oleh jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya di Kabupaten Bogor.

Keduanya saat itu diduga hendak melancarkan transaksi penjualan narkotika dengan berperan sebagai kurir. Akhirnya keduanya diproses secara hukum dan dijatuhi hukuman pidana mati bersama dengan Muhammad Mahmuji bin M. Yakob Jalil yang juga terlibat.

Kepala Divisi Permasyarakatan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Abdul Aris, mengatakan pemindahan 10 orang bandar narkoba tersebut merupakan permintaan dari Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas I Depok.

"Bersama ini disampaikan bahwa kami dapat menyetujui 10 (sepuluh) orang Narapidana untuk dipindah dan menjalankan sisa masa pidananya di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur," tulis Abdul Aris dalam keterangannya, Sabtu (19/9/2020).

Dalam pemindahan narapidana tersebut, tulis Abdul Aris, pihak lapas harus memerhatikan faktor keamanan saat pelaksanaan pemindahan, kemudian dilaksanakan dengan standar pencegahan COVID-19.

Dari daftar nama tahanan yang dipindahkan, di antaranya terdapat nama Rahim Syaiful Lani dan Ahmad Yanuardi alias Igon yang terlibat dalam pengedaran 400 kilogram ganja siap edar. Keduanya dijatuhi hukuman pidana seumur hidup.

Selain kelima orang tersebut, lima orang tahanan lainnya dengan masa tahanan 20 tahun juga turut dipindahkan. mereka adalah Andi Mardiansyah, Muslim Safari, Sadan bin Majuk, Yudi Apriyanto dan Muhammad Yusuf.

Lihat juga video 'Ratusan Gram Sabu Ditemukan di Kamar Kos, Dua Pengedar Diciduk':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mud)