30 Kecamatan Zona Merah Berbuntut Buka-Tutup Jalan di Bandung

ADVERTISEMENT

Round-Up

30 Kecamatan Zona Merah Berbuntut Buka-Tutup Jalan di Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 09:19 WIB
Foto udara suasana penutupan jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/9/2020). Pemerintah Kota Bandung menutup sejumlah jalan protokol di jam-jam tertentu guna meminimalisir kerumunan pada era adaptasi kebiasaan baru yang diperketat. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.
Buka tutup jalan di Bandung (Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Bandung -

Lima titik jalan yang berada di Kota Bandung mulai diberlakukan buka-tutup jalur sejak Jumat (18/9/2020) kemarin. Buka-tutup ini jalan merupakan buntut dari masih meluasnya penyebaran COVID-19 di 30 kecamatan di Kota Bandung.

Adapun lima titik jalan yang dilakukan buka tutup yakni, Jalan Asia Afrika-Tamblong, Otista-Suniaraja, Purnawarman-Riau, Merdeka-Riau dan Merdeka-Aceh.

Pada Jumat pagi (18/9/2020) Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya memimpin langsung penutupan ruas-ruas jalan tersebut. Secara simbolis mereka memasang water barrier di Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung.

"Hari ini kita melakukan buka tutup jalan di beberapa ruas jalan yang di mana dilaksanakan per dua jam dari Pukul 09.00-11.00 WIB, Pukul 14.00-16.00 WIB dan dilanjutkan di malam har Pukul 22.00-06.00 WIB," kata Oded kepada wartawan.

Oded mengungkapkan, pandemi COVID-19 di Kota Bandung masih terjadi. Hal tersebut dilihat dari peningkatan kasus COVID-19 di Kota Bandung.

"Kita ingin mengingatkan warga Bandung dan orang-orang yang ingin masuk ke Kota Bandung bahwa pandemi ini masih ada, dengan adanya buka tutup jalan ini sebagaimana dilaksanakan dulu PSBB efektif, ini juga atas masukan dari Pak Kapolrestabes dan Pak Dandim," ungkapnya.

"Semoga apa yang kita dilakukan dimengerti warga Kota Bandung," tambahnya.

Oded menyebut, untuk warga atau pekerja yang akses jalannya terkena imbas buka tutup tinggal memperlihatkan identitas kepada petugas.

"Saya berharap buka tutup jalan ini per dua jam tidak akan mengganggu, sebelumnya sudah dibuktikan," ujarnya.

Oded menegaskan, semua jenis kendaraan termasuk sepeda dilarang masuk saat buka tutup jalan diberlakukan."Iya, termasuk sepeda, tidak boleh ada kendaraan. Karena filosofi nya menghindari kerumunan," tegasnya.

Simak video '5 Titik Jalan di Bandung Dibuka-Tutup':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT