OTG Akan Diisolasi di Hotel, Ridwan Kamil: Sama dengan Jakarta

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 21:56 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Sejumlah hotel di Jawa Barat akan disulap menjadi ruang isolasi bagi pasien COVID-19, khususnya yang tanpa gejala (OTG). Kebijakan ini mengikuti pola penanganan pasien OTG di DKI Jakarta, yang merekomendasikan pasien OTG diurus negara di ruang-ruang isolasi yang bisa melayani secara profesional.

"Saya selalu sampaikan bahwa kebijakan khususnya Bodebek itu harus satu frekuensi dengan Jakarta. Hasil kesepakatan dipimpin oleh Pak Luhut, memang menyepakati kalau pola Bodebek harus sama dengan Jakarta, salah satunya soal penanganan OTG," tutur Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (18/9/2020).

Nantinya, ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu, pemerintah pusat akan mengucurkan dana untuk menyewa hotel-hotel maksimal bintang tiga untuk dijadikan tempat isolasi khusus pasien OTG.

"Saya telepon ketua PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) untuk membuat daftarnya, kita lihat (hotel di) kota mana. Nanti kita kontrak dan dibayar oleh pemerintah," ucap Emil.

Selama ini, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat membagi manajemen penanganan COVID-19 ke dalam tiga bagian wilayah. Sebaran hotel-hotel tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan ruang isolasi.

"Paling banyak Bodebek 60 persen, 20 persen Bandung Raya, sisanya lain-lain. Konsep ini mayoritas di Bodebek dan Bandung Raya," kata Emil.

Selanjutnya
Halaman
1 2