Buka Tutup Jalan di Bandung, Pasar Baru Sepi Pengunjung

Siti Fatimah - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 12:25 WIB
Jalan Otista ditutup pasar baru Bandung sepi
Foto: Siti Fatimah
Bandung -

Pemerintah Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung kembali memberlakukan buka tutup lima ruas jalan. Kini bukan hanya malam, pagi dan sore pun lima jalan protokol ini ditutup. Hal itu untuk membatasi mobilitas warga sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Salah satu jalan yang diberlakukan buka tutup yaitu Jalan Otista, di mana terdapat pusat perbelanjaan terbesar di Kota Bandung yaitu Pasar Baru Trade Center.

Dari pantauan detikcom, penutupan jalan di Otista sempat mengalami keterlambatan 30 menit dari jadwal yang ditentukan pukul 09.00 WIB. Petugas gabungan antara Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Bandung mulai memasang pembatas jalan di pertigaan pasar baru.

Dalam kurun waktu dua jam, kegiatan Pasar Baru yang biasanya ramai dilalui kendaraan lalu lalang kini hanya dilewati pejalan kaki. Namun terlihat sejumlah pengendara sepeda yang nekat masuk ke jalan tersebut.

H. Udin (78) penjual di Pasar Baru sejak 1968 mengaku pasrah dengan kebijakan pemerintah ini. Meski menurutnya, para penjual di Pasar Baru selama ini sudah menerapkan protokol kesehatan.

"Begini, kalau ini pasar baru menurut saya aman. Jualan di pasar baru tidak ada masalah apa-apa, aman berikut dengan aparatur semua bergabung untuk menjaga protokol kesehatan. Kami mengikuti apa kata pemerintah saja,," kata Udin saat ditemui detikcom, Jumat (18/9/2020).

Jalan Otista ditutup pasar baru Bandung sepiJalan Otista ditutup pasar baru Bandung sepi Foto: Siti Fatimah

Ia memprediksi penutupan ini akan berimbas pada jumlah pengunjung Pasar Baru, terlibat dalam satu hari pagi, siang, dan malam ditutup."Ngaruh pembeli pasti iya tapi masyarakat pedagang tidak mempermasalahkan kebijakan pemerintah selama kata pemerintah yang sudah dibuat," ujarnya.

Sementara itu, Lilis (49) salah satu pengunjung Pasar Baru itu tidak terlalu mempermasalahkan adanya penutupan jalan. Namun ia berharap penutupan tidak dilakukan tiga kali dalam satu hari. "Kalau mau pagi, ya pagi saja. Kalau mau malam, ya malam saja," tandasnya.

Seperti diketahui selain Jalan Otista-Suniaraja, penutupan juga dilakukan di empat ruas jalan lainnya yaitu Jalan Asia Afrika-Tamblong, Jalan Merdeka-Ria, Merdeka-Aceh, dan Purnawarman-Riau.

Sementara waktu penutupan diberlalukukan tiga kali yaitu pukul 09.00-11.00 WIB, siang pukul 14.00-16.00 WIB dan malam pukul 22.00-06.00 WIB.

(ern/ern)