Masif Gelar Tes Swab, Kabupaten Kuningan Nihil Zona Merah

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 12:48 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wayono)
Kuningan -

Jumlah kasus Corona atau COVID-19 di Kabupaten Kuningan terus meningkat hingga mencapai 182 kasus. Meski masif gelar tes swab, seluruh kecamatan di Kuningan nihil zona merah.

Juru Bicara Crisis Center Covid-19 Kabupaten Kuningan Denny Mustafa mengatakan penentuan zona dilakukan oleh Dinkes Jabar. "Meskipun kasus positif terus bertambah, kita masih zona kuning. Karena perbandingannya Kuningan masif melakukan tes swab," kata Denny saat ditemui detikcom di kantor Dinkes Kuningan, Kamis (17/9/2020).

Denny menjelaskan sudah 6.000 orang menjalani tes swab atau tes usap tenggorokan. Jumlah itu kata Denny memiliki perbandingan yang lebih tinggi dari daerah lain seperti Majalengka, sehingga Kabupaten Kuningan masih berstatus zona kuning.

"Beda dengan daerah lain seperti Majalengka yang melakukan swab sedikit, bahkan tahap kedua belum melakukan, jadi Majalengka masuk ke zona orange," lanjutnya.

Status zona kuning tersebut menurut Denny juga berlaku untuk 32 kecamatan yang tidak ada satupun berstatus zona merah. "Untuk kecamatan seluruhnya tidak ada yang zona merah, semuanya zona kuning. Namun ada beberapa kecamatan dengan kasus tertinggi," ucap Denny.

Kecamatan dengan kasus tertinggi yang disebut Denny ialah Kecamatan Kuningan 32 kasus, Cilimus 18 kasus, Kadugede 16 kasus, Kramatmulya 16 kasus, Cigandamekar 11 kasus dan 27 kecamatan lainnya di bawah 10 kasus.

(bbn/bbn)