Pandemi Corona

Pemkab Pangandara Berencana Gelar KBM Tatap Muka Pekan Depan

Faizal Amiruddin - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 11:44 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikccom).
Pangandaran -

Di tengah kenaikan angka kasus Corona yang terjadi, Pemerintah Kabupaten Pangandaran justru memulai tahapan pembukaan sekolah atau menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Uji coba atau tahap awal pembukaan sekolah itu akan mulai dilaksanakan pada Senin (21/9/2020) mendatang.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata membenarkan adanya rencana tersebut. Keputusan itu merujuk kepada kasus Corona di Pangandaran yang sudah mulai stabil. Selain itu desakan orang tua siswa yang menghendaki sekolah kembali dibuka.

"Kasus Corona di Pangandaran sudah kembali stabil. Dua klaster yang sempat muncul sudah selesai ditangani. Kemudian sebagai langkah persiapan kami juga sudah melakukan tes swab acak terhadap 50 guru dan 50 siswa. Sarana penunjang protokol kesehatan juga sudah disiapkan. Sehingga kami mencoba membuka sekolah secara bertahap," kata Jeje, Kamis (17/9/2020).

Selain itu dukungan orang tua siswa juga tak kalah besar, setidaknya itu tergambar dari surat persetujuan orang tua siswa yang mengizinkan anaknya bersekolah. Menurut Jeje seluruh orang tua siswa sudah membuat surat pernyataan itu.

Terpisah Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran Agus Nurdin menambahkan pihaknya kini tengah melakukan langkah-langkah persiapan teknis bersama pihak sekolah.

Menurut dia pembukaan sekolah akan dilakukan secara bertahap, tidak sekaligus dibuka seperti keadaan normal. Setiap kelas akan dibagi menjadi dua, mereka bergantian belajar di sekolah. Sehingga murid mendapatkan waktu bersekolah 2 atau 3 hari dalam seminggu. Ini bertujuan untuk memberikan ruang jaga jarak di dalam kelas.

"Satu kelas dibagi menjadi dua kelompok. Mereka belajar bergantian. Jadi dalam seminggu siswa ke sekolah cukup 2 atau 3 hari saja," kata Agus.

Secara umum dia mengatakan sekolah-sekolah yang ada di Pangandaran sudah siap. Sarana penunjang penerapan protokol kesehatan pun sudah disiapkan oleh Pemkab Pangandaran. Face shield, sarana cuci tangan dan masker akan diberikan kepada siswa secara gratis.

"Hal-hal teknis lainnya sedang kami rapatkan bersama Kepala Sekolah, Insya Allah rencana dimulai hari Senin depan bisa terealisasi," ujar Agus.

(mso/mso)