Eks Bupati Indramayu Positif Corona, Petugas-Napi Lapas Sukamiskin Tes Swab

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 11:43 WIB
Tes Swab di Lapas Sukamiskin
Pelaksanaan tes swab di Lapas Sukamiskin. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Sejumlah petugas dan narapidana Lapas Sukamiskin menjalani tes swab usai mantan Bupati Indramayu Supendi dinyatakan positif Corona atau COVID-19. Belasan orang tersebut diduga yang kontak erat dengan Supendi.

Tes swab dilaksanakan di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Kamis (17/9/2020). Terlihat ada sejumlah napi dan petugas menunggu giliran untuk dilakukan tes swab.

"Ini sebagai langkah tindak lanjut setelah ditemukannya satu orang warga binaan kita terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Kalapas Sukamiskin Thurman Hutapea di Lapas Sukamiskin.

Thurman menuturkan usai ditemukannya kasus positif di Lapas Sukamiskin, pihaknya langsung melakukan tracing terhadap orang-orang yang kontak erat dengan Supendi. Dari hasil penelusuran ada 57 orang terdiri dari petugas dan napi yang diduga kontak erat.

"Kemudian yang kita duga hasil tracing kita sekitar 57 itu warga binaan dan petugas kita rapid test kemarin, hasilnya non-reaktif. Dan hari ini hasil tracing. Tes swab terhadap 57 diambil sampling 15 orang, 12 dari petugas 3 dari warga binaan. Mudah-mudahan hasilnya baik, kita tunggu," tutur Supendi.

Thurman menambahkan pihaknya juga melaksanakan serangkaian langkah antisipasi agar tak terjadi penyebaran di lingkungan Lapas Sukamiskin. "Kita lakukan penyemprotan disinfektan seluruh kamar hunian, rumah ibadah hingga ruang kantor," kata Supendi.

Sekadar diketahui, eks Bupati Indramayu sekaligus narapidana kasus korupsi, Supendi, dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab. Dia menjalani tes swab pada Rabu (9/9) bersama beberapa napi lain. Supendi saat ini tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Hermina, Kota Bandung.

(dir/bbn)