Belasan Pegawai Pemkab Pandeglang Positif COVID-19

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 18:42 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikccom).
Pandeglang -

Belasan pegawai di lingkungan Pemkab Pandeglang terkonfirmasi positif COVID-19. Untuk menekan penyebaran COVID-19 Pemkab Pandeglang menerapkan work from home (WFH) sementara waktu kepada pegawainya.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Pandeglang Achmad Sulaiman mengatakan ada sekitar 10-15 pegawai baik itu Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN yang positif. Hal ini ditemukan karena Pemkab Pandeglang melakukan swab massal ke pegawai di lingkungan pemerintahan.

"Kalau jumlah nggak tahu persis, yang pasi di atas 10 sampai 15 orang, soalnya yang masuk ke saya per kecamatan, kan itu mereka dikumpulkan KTP-nya, saya nggak tau dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) mana saja," kata Achmad saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon, Rabu (16/9/2020).

Swab di lingkungan OPD itu dilakukan sejak beberapa pekan terakhir. Selain OPD, ada 4 kecamatan dengan 200 orang yang dilakukan swab melalui bantuan dari Pemprov Banten. Sampai saat ini tes masih terus dilakukan di seluruh lingkungan perkantoran untuk menemukan potensi risiko penyebaran.

Ia menuturkan bahwa, belasan pegawai perkantoran lingkungan Pemkab Pandeglang itu disinyalir memiliki riwayat perjalanan luar kota dan menerima kunjungan tamu dari luar kota.

Untuk menekan angka penyebaran, saat ini telah diterapkan aturan seluruh pegawai untuk kerja di rumah. Ini berlaku mulai dari 14 September lusa lalu sampai dengan ada keputusan lebih lanjut Pemkab Pandeglang.

"Sudah WFH (work from home), kapasitas kantor tidak sampai 50 persen, ini berlaku sampai hasil temuannya lagi masih ada yang terjadi atau tidak. Kita (tes) belum semua OPD diperiksa, mungkin kalau sudah kerekap, ketahuan dari OPD mana saja," tegasnya.

(bri/mso)