Jakarta PSBB, Bupati Aa Tak Batasi Wisatawan Luar Daerah ke Bandung Barat

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 13:30 WIB
Bupati Aa Umbara ancam tutup pasar kalau warga mengabaikan PSBB
Foto: Bupati Bandung Barat Aa Umbara (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat belum berencana melakukan pembatasan kedatangan wisatawan asal Jakarta dan sekitarnya yang saat ini tengah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tak seperti Kota Cimahi dan daerah di Bandung Raya lainnya, Kabupaten Bandung Barat tak latah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) seperti anjuran Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan sejauh ini tempat wisata di KBB terutama di kawasan Lembang masih beroperasi seperti biasa.

"Wisata di kita masih berjalan biasa, belum ada rencana untuk membatasi pengunjung dari luar kota atau menutup wisata di KBB," ujar Umbara, Rabu (16/9/2020).

Ketimbang melakukan pembatasan kunjungan wisatawan, Umbara lebih memilih memperketat protokol kesehatan di objek wisata sebagai langkah antisipasinya.

"Kita tidak akan melakukan pembatasan, yang pasti protokol kesehatan akan lebih ketat dari kemarin agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi," katanya.

Jika sampai memberlakukan PSBM, ia khawatir bakal berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang saat ini kondisinya pun sudah sudah hampir habis.

"Kalau PSBM lagi nanti KBB akan tambah repot kondisinya, bisa lebih lumpuh kita. PAD kita sudah habis lagi sekarang," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) KBB Sri Dustirawati mengatakan sejauh ini belum ada intruksi khusus dari Pemprov Jabaruntuk melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Pak Gubernur Ridwan Kamil hanya menginstruksikan PSBM bagi wilayah yang berdekatan dengan Jakarta saja, yakni Bodebek kalau kita tidak," jelasnya.

Ia mengatakan kunjungan wisata di Kabupaten Bandung Barat selama pandemi COVID-19 mengalami penurunan cukup signifikan ketimbang sebelumnya. Bahkan kunjungan wisatawan pada akhir pekan hanya 15 persen.

"Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung Barat sampai akhir 2019 mencapai 6,4 juta orang. Namun pada tahun 2020 ini, sampai bulan September hanya 1,2 juta orang saja," ujarnya.

(mso/mso)