Cerita Kadis DPU Bandung Kena COVID-19 hingga Dinyatakan Sembuh

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 18:25 WIB
Poster
ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung Didi Ruswandi sempat dinyatakan positif Corona atau COVID-19 tanpa gejala pada Selasa (1/9) lalu. Saat ini dia telah dinyatakan negatif setelah menjalani isolasi mandiri kurang lebih selama 10 hari.

Selama isolasi mandiri, Didi mengaku tidak nyaman menjadi seorang yang terpapar COVID-19 dan harus berinteraksi sedikit mungkin termasuk kepada anggota keluarga lain.

"Untuk saya sesedikit mungkin interaksi walaupun ga 100 persen. Di rumah menghindari interaksi, yang paling terasa itu di komplek itu parno, masyarakat juga sama ada yang takut lewat depan rumah. Jadi keliatan sekali parnonya," kata Didi kepada wartawan, Selasa (15/9/2020).

Didi mengatakan, meskipun dalam keadaan isolasi mandiri di rumah namun keluarganya cukup teredukasi perihal penanganan dan penyebaran COVID-19. "Kalau istri kelihatannya banyak baca referensi jadi jauh lebih siap. Dalam hal interaksi juga, ketika saya agak terbuka (masker), dia (istri) mengingatkan dan mental lebih siap daripada anak pertama. Anak pertama saya kelihatan lebih protektif," ujarnya.

Saat ditanya perihal gejala selama masa isolasi mandiri, Didi justru tidak merasakan gejala penyakit yang menjadi indikator COVID-19 sama sekali. Menurutnya hal tersebut berhubungan dengan perasaan positif dan tidak panik ketika mendengar terpapar Corona.

"Saya kebetulan minum madu, madu itu saya minum terus dan Alhamdulillah banyak yang ngirim kemarin itu. Yang kedua kemarin ada beberapa suplemen juga seperti jus, jadi arahan dari petunjuk Dinkes itu merk apa saja dan multivitamin," tuturnya.

Dukungan dari berbagai orang membuatnya bertahan menjalani isolasi mandiri, ditambah dengan sugesti positif dan perasaan tidak panik. "Kalau kita lemah tunjukkan kalau kita itu kuat. Sugesti itu mungkin bisa membuat kita sembuh. Penyakit itu paling banyak dari dua faktor, pikiran dan perilaku," kata Didi.

Setelah dinyatakan sembuh, Didi kembali menjalankan tugasnya sebagai Kepala Dinas PU Kota Bandung. Dia berharap dengan kondisi meningkatnya kasus di Kota Bandung, masyarakat lebih disiplin.

"Saya yang fisik dan psikis tidak ada masalah dihantui rasa bersalah juga jangan-jangan dia kena karena saya. Kekhawatiran orang-orang saat bertemu dan justru yang bahaya itu kita berkerumun di tengah orang yang tidak tau mereka terpapar atau tidak. Kalau tidak bisa dihindari pakai masker dengan ketat," pungkasnya.

(mud/mud)