Memasuki Kemarau, Enam Kecamatan di Cianjur Kekeringan

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 14:31 WIB
Enam kecamatan di Cianjur mengalami kekeringan
Plt Bupati Cianjur Herman Suherman (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Sebanyak 6 Kecamatan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengalami kekeringan. Mobil tangki air bersih pun disiagakan untuk mengirim bantuan ke daerah terdampak kekeringan.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan meski belum memasuki puncak musim kemarau, sudah ada daerah yang sumber airnya berkurang hingga kekeringan.

"Laporan yang masuk sudah 6 kecamatan yang terdampak kekeringan," kata dia kepada detik.com saat ditemui di kawasan Jalan Kh Abdullah bin Nuh, Selasa (15/9/2020).

Enam kecamatan yang terdampak itu yakni Kecamatan Cilaku, Cianjur, Ciranjang, Sukaluyu, Cibeber, dan Takokak.

Herman mengatakan saat puncak musim kemarau diperkirakan wilayah yang terdampak kekeringan terus bertambah. Di tahun lalu, tercatat ada 18 kecamatan dari total 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur yang mengalami kekeringan.

"Tidak hanya kesulitan air bersih, kekeringan juga melanda lahan persawahan hingga tidak sedikit yang gagal panen," ucap Herman.

Meski sudah ada kecamatan yang terdampak, Pemkab belum mengeluarkan status siaga kekeringan. "Masih tunggu kajian dari BPBD dan BMKG, kalau sudah darurat pasti dikeluarkan status siaga kekeringan," ucapnya.

Untuk penanganan darurat, lanjut Herman, Pemkab menyiagakan beberapa unit mobil tangki PDAM untuk mendistribusikan bantuan air bersih ke wilayah terdampak kekeringan.

Selain itu, Pemkab melalui bantuan dana aspirasi anggota dewan di tingkat provinsi dan pusat akan membuat sumur bor, sehingga warga tetap memperoleh air bersih di musim kemarau.

"Untuk sekarang kami fokus ke pendistribusian bantuan air bersih. Jangka panjangnya kami bangun sumur bor. Sudah koordinasi dengan beberapa orang dewan dari Cianjur, mereka siap membantu pembangunan sumber air bersih tersebut," pungkasnya.

Tonton video 'BMKG: 64% Wilayah di Indonesia Memasuki Musim Kemarau':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)