Tingkatkan Pelayananan, RSUD Sukabumi Kini Dilengkapi Fasilitas CT Scan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 14:06 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami cek alat CT Scan di RSUD Palabuhanratu.
Foto: Bupati Sukabumi Marwan Hamami cek alat CT Scan di RSUD Sukabumi (Istimewa).
Sukabumi -

Marwan Hamami, Bupati Sukabumi meresmikan fasilitas Computerized Tomography Scan atau CT Scan di RSUD Palabuhanratu. Penambahan fasilitas itu disebut Marwan untuk semakin melengkapi layanan kesehatan kepada masyarakat di Ibu Kota Kabupaten Sukabumi tersebut.

Dengan adanya alat tersebut di RS pelat merah itu, diharapkan tidak ada lagi pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit lain karena alasan kurangnya peralatan. Ke depan, peralatan dan layanan dasar hingga lengkap akan terus ditingkatkan di RSUD Palabuhanratu.

"Mudah-mudahan dengan penambahan alat ini bisa menanggulangi persoalan-persoalan dasar jadi tidak perlu banyak rujukan. Nantinya bisa ditangani langsung di rumah sakit ini. Kita akan tingkatkan terus RS Palabuhanratu karena ini ada di lingkup ibu kota kabupaten bila perlu nanti kita push lagi agar jadi jadi Type B," kata Marwan kepada awak media, Selasa (15/9/2020).

Selain dilengkapinya peralatan medis, perencanaan pengembangan RSUD Palabuhanratu juga terus digenjot. Mengingat, selain warga Palabuhanratu, RS tersebut juga kerap menangani persoalan medis warga dari luar Sukabumi, karena tidak sedikit wisatawan yang juga berobat di RS tersebut.

"Kita terapkan dari sekarang insfrastruktur dan penunjangannya, sehingga ke depan setelah nanti perencanaan (ruang) Instalasi Gawat Darurat (IGD) kita geser sendiri jadi nantinya punya akses sendiri. Sehingga tidak terlihat kumuh, kita akan lakukan untuk perbaikan layanan ditambah nanti sumber daya juga, poinnya untuk peningkatan layanan kesehatan," jelas Marwan.

Terpisah, Direktur Utama RSUD Palabuhanratu Damayanti menjelaskan CT Scan merupakam alat pencitraan atau prosedur medis untuk menggambarkan bagian-bagian tubuh tertentu menggunakan bantuan sinar-X khusus. Dibandingkan dengan foto rongsen, CT scan lebih detil karena mengambil gambar dari potong-potongan organ yang diperiksa.

"Sederhananya alat untuk mendeteksi kerusakan dalam tubuh manusia, misalkan ketika terjadi kecelakaan. Alhamdulillah, hari ini pak bupati datang untuk meresmikan dan tentunya dengan penambahan alat ini bisa meningkatkan layanan kepada masyarakat," kata Damayanti.

(sya/mso)