Round-Up

Tingkah 'Halu' Bos Paguyuban Pengubah Lambang Garuda Pancasila

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 09:57 WIB
Pimpinan paguyuban tunggal rahayu mister sutarman
Mister Sutarman saat diperiksa polisi. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Pemimpin Paguyuban Tunggal Rahayu telah diperiksa oleh Polres Garut. Sutarman, sang empunya paguyuban, membuat berbagai pengakuan dan tingkah 'halu' alias berbau halusinasi selama diwawancara wartawan di Mapolres Garut pada, 10 September 2020.

Sekadar diketahui, Paguyuban Tunggal Rahayu ini mendadak jadi sorotan lantaran mengubah lambang Garuda Pancasila dan mencetak uang sendiri yang dipakai di lingkup internal. Lalu apa saja sih pengakuannya?

Di antara pengakuannya yang bikin orang geleng-geleng kepala adalah soal gelar akademisnya, Sutarman kerap aliaskan diri sebagai Prof. Dr. Ir. H Cakraningrat, SH. Pria lulusan aliyyah atau setingkat SMA itu mengaku mendapatkan gelar secara halusinasi juga.

"Saya sekolah dari.....kalau secara lahiriyah secara terbuka keluaran aliyah. (Tahun) 96 dikuliahkan secara kuliah kerja nyata oleh orang tua daripada orang tua perintis NKRI," ucap Sutarman.

"Jadi saya kuliah di alam bukan di universitas. Dari yang memegang amanat dan wasiat, perintis NKRI termasuk Bung Karno, Pak Hatta, termasuk banyak lah," ujar Sutarman.

Simak video 'Tentang Paguyuban yang Bikin Heboh karena Ubah Lambang Garuda':

[Gambas:Video 20detik]