117 Pegawai Pemkot Bandung Positif COVID-19, Ridwan Kamil: Harus Disiplin!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 14:25 WIB
Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Sebanyak 117 pegawai di Pemerintah Kota Bandung positif COVID-19. Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta para ASN lebih disiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu dikatakan Kang Emil, sapaannya, usai melakukan rapat koordinasi di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (9/9/2020). Menurut Kang Emil, temuan 117 pegawai Pemkot Bandung positif berdasarkan tes massif yang diminta oleh Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Jabar.

"Itu kan bagian penterjemahan arahan gugus tugas provinsi agar peningkatan testing ditinggikan di Kota/Kabupaten dan salah satunya di zona perkantoran pemerintahan," katanya.

Kang Emil mengatakan ratusan pegawai pemerintahan itu diindikasikan merupakan kategori orang tanpa gejala (OTG). Mereka saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Jadi Kota Bandung kalau tidak salah sedang work from home karena jumlahnya juga lumayan tinggi dan sama juga seperti yang lain mayoritasnya tanpa gejala sehingga penanganannya isolasi di rumah masing-masing atau di fasilitas khusus," katanya.

Dalam kasus ini, Emil menyoroti kedisiplinan dari para pegawai. Menurutnya penyebaran cenderung terjadi sepulang pegawai dari kantor.

"Saya kira ini jadi pelajaran, saya meyakini bahwa perkantoran cenderung disiplin tapi sepulang dari kantor itulah gaya hidup yang punya potensi risiko," tuturnya.

Sehingga, sambung Emil, dia meminta para ASN lebih disiplin lagi dalam menjaga protokol kesehatan baik di kantor maupun sepulang dari kantor.

"Oleh karena itu saya imbau para ASN semuanya kita ini harus jadi teladan jangan sampai terdengar berita lagi kantor-kantor pemerintahan terpapar. Jadi kita harus menjadi kelompok yang paling disiplin dan paling jauh dari berita keterpaparan COVID-19," kata dia.

Seperti diketahui, sebanyak 117 pegawai baik ASN dan non ASN di wilayah Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dinyatakan positif COVID-19. Ratusan pegawai itu dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil tes masif yang dimulai sejak 27 Agustus 2020 lalu.

Kepala Bapelitbang sekaligus Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisa Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan keseluruhan penyintas saat ini tengah melakukan isolasi mandiri. Mereka, kata dia, merupakan hasil swab tes massal yang dilakukan terhadap 62 perangkat daerah di 33 kecamatan dan 32 SKPD.

"Yang terkonfirmasi positif 117 itu tidak cuma ASN pegawai di lingkungan Pemkot Bandung. Kan kita mendapat ada di sekitar 50 orang pimpinan memilih 50 orang yang mobilitas banyak, bertemu orang banyak dan kontak dengan orang," kata Ahyani saat dihubungi, Senin (7/9/2020).

Tonton video 'Menuju Standar WHO, Jabar Lakukan Tes Corona 50 Ribu Per Minggu':

[Gambas:Video 20detik]

(dir/mso)