Satgas Khusus Incar Mafia Pemilu di Pilkada Pangandaran

Faizal Amiruddin - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 15:10 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi Pilkada (Ilustrator: Andhika Akbaransyah)
Pangandaran -

Pemkab Pangandaran membentuk satuan tugas antipolitik uang dan mafia pemilu. Langkah tersebut sebagai upaya menjaga nilai-nilai proses demokrasi.

"Segera akan kami bentuk Satgas Anti Money Politic dan Mafia Pemilu. Targetnya sebelum saya cuti dari bupati," ujar Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Selasa (9/9/2020).

Jeje menjelaskan tujuan pembentukan Satgas ini tiada lain untuk memperkuat instrumen pengawasan pelaksanaan Pilbup Pangandaran 2020 agar terbebas dari praktik-praktik yang bisa mencoreng proses demokrasi. Baik itu politik uang, kampanye hitam dan lainnya.

"Saya membentuk Satgas ini dalam kapasitas sebagai Bupati. Karena pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk menyukseskan Pilkada yang bersih dan bermartabat, tanpa tercoreng oleh aksi-aksi kotor," kata Jeje.

Dia menambahkan, Satgas ini akan dibentuk hingga ke tingkat desa, sehingga kinerjanya bisa optimal untuk mendukung petugas keamanan, pengawas Pemilu dan instrumen lainnya. "Ini menjadi persoalan penting dan fundamental, agar tercipta Pilkada yang baik," ucapnya.

Jeje mensinyalir saat ini sudah ada pihak luar yang mencoba mengacak-acak Pemilu di Pangandaran. "Sinyalemen sudah ada, makanya menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga agar Pemilu Pangandaran benar-benar terjaga. Kita harus lawan politik uang dan kampanye hitam," tutur Jeje.

Selanjutnya
Halaman
1 2