Pipa Penghubung Listrik Putus, Kampung Adat Ciptarasa Gelap Gulita

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 18:03 WIB
Pipa penghubung listrik di Sukabumi putus.
Foto:Pipa aliran listri putus terkena longsor (Istimewa).
Sukabumi -

Sudah empat hari aliran listrik di Kampung Adat Kasepuhan Ciptarasa, Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi mati. Pasalnya, saluran irigasi yang menjadi penghubung pipa aliran listrik putus akibat longsor.

Informasi diperoleh detikcom, matinya aliran listrik itu terjadi sejak Kamis (4/9/2020). Kabel penghubung yang dilapisi pipa dari pembangkit mini hydro ke perkampungan warga putus akibat longsor.

"Jadi irigasi penghubungnya ikut ambruk terkena longsor, pada saat kejadian memang sempat terjadi beberapa kali hujan deras. Sore harinya, langsung aliran listrik mati total," kata Cakra, Sekretarsis Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Senin (7/9/2020).

Cakra menjelaskan awalnya tidak ada yang mengetahui kejadian ambruknya pipa aliran irigasi yang cukup besar tersebut. Warga baru mengetahui ketika akan menyalakan aliran listrik di turbin utama PLTA Cisarua.

"Warga baru mengetahui setelah mau menyalakan listrik di gardu utama, setelah dicoba beberapa kali tapi ternyata tetap mati," ucap Cakra.

Dikatakan Cakra hari itu juga warga menelusuri titik rusaknya irigasi yang menjadi landasan pipa penghubung listrik yang ambruk. Setelah ditemukan, pihak desa kemudian berkordinasi dengan berbagai pihak seperti pihak kecamatan dan BPBD Kabupaten Sukabumi untuk segera mendapat penanganan.

"Warga berharap, ada sumbangsih dari pihak ketiga untuk membantu memperbaiki irigasi ini, karena keberadaan PLTA dan Listrik menyangkut kepentingan warga terutama untuk kebutuhan penerangannya," pungkas Cakra.

(sya/mso)