Pasien Corona Berkurang, Sumedang Kembali Masuk Zona Kuning

Muhamad Rizal - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 21:33 WIB
Poster
Penanganan pasien Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Sumedang -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sumedang mengumunkan saat ini Sumedang sudah kembali masuk zona kuning atau zona risiko rendah setelah jumlah pasien positif Corona atau COVID-19 menurun drastis.

Sekadar diketahui, Sumedang sempat masuk zona orange atau zona risiko sedang karena sebelumnya jumlah pasien positif COVID-19 meningkat yaitu mencapai 32 orang dalam sepekan. Kini hanya tersisa empat orang lagi pasien positif.

"Sekarang kita sudah masuk lagi zona kuning, sebelumnya sempat zona orange. Saat itu kasus positif COVID-19 terus bertambah," kata Iwa melalui sambungan telepon, Jumat (4/9/2020).

Untuk saat ini, jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sumedang hanya tersisa empat orang. Jumlah itu terdiri satu warga Kecamatan Pamulihan, satu warga Sumedang Utara dan dua warga Sumedang Selatan. Namun, pihaknya belum bisa memastikan berapa lama Kabupaten Sumedang saat itu masuk zona orange.

"Intinya, saat itu jumlah pasien positif COVID-19 sekitar 32 orang, sehingga belum dapat dipastikan berapa lama masuk zona orange," ujar Iwa.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan saat wilayahnya masuk zona orange karena angka reproduksi COVID-19 di Sumedang naik menjadi 2,7 dengan indeks transmisinya pada angka satu. "Tapi saya yakin, seiring tes masifnya selesai, kemudian ditangani dengan baik, mungkin September nanti kita bisa menurunkan angka ini lagi," kata Dony saat ditemui di Gedung Negara, beberapa waktu lalu.

Sebelum terjadinya lonjakan kasus baru positif COVID-19, Sumedang masuk pada zona kuning atau zona resiko rendah dengan angka reproduksi COVID-19 pada angka 0,7 dan indeks transmisinya hanya 0,5. Lalu ketika masuk zona orange, reproduksi COVID-19 di Sumedang naik menjadi 2,7 dan indeks transmisinya berada pada angka 1.

(bbn/bbn)