Ini 8 Paslon yang Diusung Gerindra di Pilkada Serentak Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 20:36 WIB
Gerindra serahkan berkas dukungan untuk Nia dan Usman di Pilbup Bandung.
Foto: Gerindra Jabar serahkan rekomendasi untuk paslon yang maju di Pilkada Serentak (Istimewa).
Bandung -

Partai Gerindra telah menentukan sikap pada Pilkada Serentak 2020 di Jabar. Partai besutan Prabowo Subianto ini resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) ke 8 calon Bupati-Wakil Bupati dan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

SK tersebut diberikan ke delapan bakal pasangan calon di antaranya Pradi Supriatna-Afifah Aliyah untuk Pilwalkot Depok, Nia Agustina-Usman Sayogi Pilbup Bandung, Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan Pilbup Pangandaran.

Lalu Ahmad Zamakhsyari-Yusni Rinzani untuk Pilbup Karawang, Nina Agustina Da'i Bachtiar-Lucky Hakim di Indramayu, Oting Zaenal Mutaqin-Wawan Setiawan di Cianjur, Azies Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya di Kabupaten Tasikmalaya dan Adjo Sarjono-Iman Adinugraha di Kabupaten Sukabumi.

Penyerahan SK dilakukan dua tahap. SK pertama diberikan untuk Pilkada di Depok, Pangandaran, Kabupaten Bandung, Karawang dan Indramayu pada Minggu (30/8) lalu. Sedangkan tiga daerah lainnya yakni Cianjur, Sukabumi dan Tasikmalaya siang tadi. Penyerahan SK dilakukan langsung oleh Ketua DPD Gerindra Jabar Taufik Hidayat.

"Totalnya ada delapan," ucap Wakil Ketua DPD Gerindra Jabar Bucky Wibawa saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (2/9/2020).

Bucky mengatakan dukungan dan pengusungan ini dilakukan setelah melalui mekanisme penjaringan yang cukup ketat. Sebab sebagian besar bakal pasangan calon yang diusung merupakan kader Gerindra.

"Kan kita ada mekanisme internal di antaranya ada penjaringan, pendaftaran, kemudian fit and proper test. Dari situ di analisa oleh badan pemenangan kepala daerah Gerindra Jabar. Lalu hasilnya diserahkan ke pimpinan DPD Gerindra lalu oleh pimpinan DPD Gerindra diserahkan ke DPP sampai keluarlah SK," tuturnya.

Bucky menargetkan calon yang diusung Gerindra bisa memenangkan kontestasi lima tahunan tersebut. Sebab, kata dia, Jabar merupakan lumbung suara bagi Gerindra. Seperti diketahui, Gerindra sendiri merupakan partai pemenang di Jabar.

"Dari delapan itu kita sekuat tenaga bisa memenangkan semuanya. Karena Jabar juga lumbung suara Gerindra. Sebagai partai pemenang di Jabar, jadi tidak ada alasan lain kecuali memenangkan ini," katanya.

Gerindra optimis bisa memenangkan Pilkada di Jabar. Pasalnya para pasangan calon yang diusung ini merupakan putra putri terbaik di daerahnya.

"Sesuai analisa dari Ketua DPD Gerindra pa Taufik Hidayat saya kira memang tidak ada lain harus kerja keras, yakinkan masyarakat calon yang disodorkan memang putra putri terbaik di daerahnya dan kita juga menyodorkan orang terbaik di tiap daerahnya," ucap dia.

(dir/mso)