Pilbup Karawang

Adly Fairuz Disebut Bukan Cucu Ma'ruf Amin, Ini Respons PDIP Jabar

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 13:52 WIB
Adly Fairuz saat menerima rekomendasi dari PDIP.
Foto: Adly Fairuz saat menerima rekomendasi dari PDIP untuk maju Pilbup Karawang (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Juru Bicara Wakil Presiden RI Masduki Baidlowi mengklarifikasi soal hubungan keluarga Ma'ruf Amin dan aktor Adly Fairuz. Selama ini, Adly yang kini maju di Pilkada Karawang 2020 diklaim sebagai cucu dari Ma'ruf.

Masduki mengatakan kurang tepat jika Adly merupakan cucu dari Ma'ruf, karena tak memiliki hubungan darah. Kendati begitu, ia menyebut jika keduanya masih berkerabat dan orang tua Adly tinggal sekampung dengan Ma'ruf di Kresek, Tangerang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jawa Barat Mochtar Mohamad mengatakan, tak begitu mengetahui soal silsilah keluarga tersebut. Ia memastikan, jika partainya mengusung Adly di Pilkada bukan karena hubungannya dengan pejabat publik manapun.

"Yang kita lihat itu kapabilitasnya ya, dia itu orangnya pintar dan jenius. Kemampuan komunikasinya cakap, itu yang jadi pertimbangan kenapa partai mengusung dia," ujar Mochtar saat dihubungi detikcom, Rabu (2/9/2020).

"Saya kurang tahu soal keluarganya, yang kita lihat kan politik ya. Banyak juga loh anak-anak keturunan kerajaan juga tak kita pilih, karena ya itu, kemampuannya," ungkap mantan Walikota Bekasi tersebut menambahkan.

Adly sendiri akan maju ke Pilkada Karawang sebagai bakal calon wakil bupati. Aktor yang naik daun lewat sinetron 'Cinta Fitri' ini akan berpasangan dengan Yesi Karya Lianti.

Ma'ruf sendiri tidak merasa keberatan dengan informasi yang menyebut Adly sebagai cucunya. Selain itu, pihak keluarga Ma'ruf disebut tidak mempermasalahkan klaim tersebut. Masduki mengonfirmasi hal ini.

"Saya pernah mencoba untuk bilang pada Wapres, apa perlu ini diklarifikasi? Dia bilang udah lah biar saja, nggak perlu (klarifikasi), dia (Wapres) bilang gitu. Wapres tidak mau membantah terhadap isu/klaim yang sedang marak di sana karena Pilkada. Walaupun itu tidak ada hubungan langsung, Wapres tidak mau membantah secara langsung," kata Masduki.

"Pihak keluarga Abah (Ma'ruf) juga tidak mempermasalahkan isu-isu yang berkembang itu. Jadi ya Pak Wapres merasa tidak perlu mengklarifikasi," ujarnya.

(yum/mso)